5 Minuman ini bantu redakan sakit tenggorokan karena Covid-19

07 / 07 / 2021 17:02 WIB Intan Palupi
5 Minuman ini bantu redakan sakit tenggorokan karena Covid-19
freepik.com

Brilio.net - Setiap orang yang terpapar corona, mengalami gejala berbeda satu dengan lainnya. Mulai dari yang ringan hingga serius. Ada yang merasa demam, batuk, sesak napas, nyeri tubuh, lemas, dan masih banyak lainnya.

Sakit tenggorokan merupakan salah satu gejala Covid-19 yang mungkin dialami beberapa orang. Tenggorokan terasa tidak nyaman dan beberapa orang merasakan sulit untuk menelan. Selain pengobatan di bawah pengawasan dokter dan mengonsumsi vitamin, juga bisa mengonsumsi minuman alami pereda tenggorokan.

Apa saja minuman yang bisa membantu redakan sakit tenggorokan karena Covid-19? Berikut Brilio Food rangkum dari berbagai sumber pada Rabu (7/7).

1. Jahe dan madu.

minuman virus  freepik.com

foto: freepik.com

Dilansir dari timesofindia.indiatimes.com, jahe dan madu bekerja memerangi kuman jahat dan virus yang menyebarkan infeksi. Jahe adalah akar berbumbu, efektif dalam mengurangi gejala sakit tenggorokan. Sedangkan madu adalah agen anti-inflamasi yang menenangkan dan memperkuat kekebalan tubuh.

Kombinasi unik antara jahe dan madu ini juga bisa bertindak sebagai obat alami tenggorokan. Sebagai ekspektoran, membuka sinus, menghilangkan lendir, dan menghilangkan iritasi yang mungkin membuat tenggorokan gatal.

2. Berkumur dengan air garam.

minuman virus  freepik.com

foto: freepik.com

Berkumur dengan larutan air garam adalah salah satu solusi untuk memerangi sakit tenggorokan, membunuh kuman, dan melemahkan virus. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, berkumur secara teratur selama 3-4 hari.

3. Akar manis.

minuman virus  freepik.com

foto: freepik.com

Ramuan tradisional ini sangat baik dikonsumsi ketika gejala virus mulai terasa. Minuman akar manis ini bisa mengurangi rasa gatal karena sakit tenggorokan. Di dalam kandungan akar manis juga ditemukan sifat anti virus dan antioksidan.

4. Minum cuka sari apel.

minuman virus  freepik.com

foto: freepik.com

Cuka sari apel memiliki sifat basa sebagai anti-inflamasi. Cuka sari apel juga merupakan bahan utama dalam oxymels tradisional, yang digunakan untuk mengobati batuk dan pilek. Kandungan asam cuka sari apel bisa meredakan sakit tenggorokan dan menghilangkan infeksi.

Untuk meredakan gejala Covid-19, minum segelas air hangat dicampur dengan satu sendok makan cuka sari apel. Kamu juga bisa menambahkan madu supaya rasanya lebih manis dan makin bermanfaat.

5. Minyak kelapa.

minuman virus  freepik.com

foto: freepik.com

Minyak kelapa bisa jadi salah satu pengobatan alternatif untuk mengatasi sakit tenggorokan. Minyak kelapa membantu membuang racun, kuman, memperkuat kekebalan, serta membersihkan saluran hidung. Minyak kelapa juga sangat menenangkan tenggorokan dan tidak menimbulkan efek samping. Rutin mengonsumsi dua sendok makan minyak kelapa berkualitas dapat membantu tubuh melawan infeksi dan virus.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya

Ayam Budu Budu

  • Kue Sus

    Kue Sus

  • Bistik Selat Solo

    Bistik Selat Solo

  • Ayam Saus Inggris

    Ayam Saus Inggris

Review

Selengkapnya