6 Cara menyimpan gula merah agar tidak mudah meleleh dan berjamur

01 / 04 / 2022 20:02 WIB Shahfara Raida
6 Cara menyimpan gula merah agar tidak mudah meleleh dan berjamur
unsplash.com

Brilio.net - Gula merah sering jadi bahan inti dalam setiap masakan. Contohnya pada kue apem, kue putu, rendang, kolak, dan makanan lainnya. Dibanding gula putih, gula merah dianggap lebih ampuh bikin hidangan jadi lebih gurih dan lezat, lho.

Gula merah juga banyak dipilih sebagai pengganti gula putih karena dikenal lebih sehat. Dilansir dari healthline.com, gula merah punya kandungan mineral cenderung lebih tinggi dan sedikit kalori dibanding gula putih.

Usai membeli gula merah, penting untuk menyimpannya dengan tepat karena gula merah cenderung mudah meleleh dan berjamur jika disimpan sembarangan, lho. Penting untuk menjaga gula merah tetap tahan lama agar bisa dipakai sewaktu-waktu untuk memasak.

Yuk, ikuti cara di bawah ini buat menyimpangula merah. Berikut enam cara menyimpan gula merah agar tidak mudah meleleh dan berjamur, dilansir BrilioFood dari berbagai sumber pada Jumat (1/4).

1. Simpan di toples kaca.

Cara menyimpan gula merah  berbagai sumber

foto: Pixabay/Alexas_Fotos

Toples kaca biasanya cenderung lebih kedap udara dibanding toples plastik. dilansir dari thespurce.com, toples kaca ini bisa jadi wadah yang cocok untuk menyimpan gula merah agar tak mudah meleleh dan berjamur, lho.

2. Simpan di plastik ziplock.

Cara menyimpan gula merah  berbagai sumber

foto: Instagram/@board_game_experience

Selain di toples kaca, plastik ziplock juga bikin gula merah aman disimpan karena kedap udara. Kamu bisa memilih plastik ziplock dengan kualitas terbaik dan tebal yang banyak dijual di pasaran.

3. Jauhkan dari sinar matahari.

Cara menyimpan gula merah  berbagai sumber

foto: Pixabay/Gabriela Sanda

Saat gula merah terkena sinar matahari, gula merah mudah meleleh, lho. Makanya sebaiknya jauhkan gula merah dari paparan sinar matahari. Pastikan juga gula merah tak didekatkan dengan sumber panas seperti kompor maupun termos air panas.

4. Jangan simpan di kulkas.

Cara menyimpan gula merah  berbagai sumber

foto: Pixabay/Pexels

Dilansir dari dominosugar.com, sebaiknya jangan simpan gula merah di dalam kulkas pendingin karena bisa mudah lembap. Jika gula merah lembap, bakteri berisiko muncul dan bikin gula merah tak tahan lama.

Namun, gula merah bisa dibekukan jika ingin disimpan dalam waktu cenderung lama. Dilansir dari preparedcooks.com, gula merah dapat tahan hingga 18 bulan jika dibekukan.

5. Jangan gunakan sendok basah atau pisau untuk mengambil gula merah.

Cara menyimpan gula merah  berbagai sumber

foto: Pixabay/cocoparisienne

Saat ingin mengambil atau memotong gula merah, pastikan sendok dan pisau yang digunakan dalam keadaan kering. Seperti disebutkan sebelumnya, gula merah jangan dibiarkan lembap karena bisa mudah berjamur.

6. Gunakan cengkeh.

Cara menyimpan gula merah  berbagai sumber

foto: Pixabay/abuyotam

Gula merah punya rasa manis yang kerap bisa mengundang semut untuk datang. Nah, kamu juga bisa pakai beberapa butir cengkeh untuk menjaga gula merah dari semut, lho.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya

Karedok

  • Ayam Bakar Sambal Dabu-Dabu

    Ayam Bakar Sambal Dabu-Dabu

  • Ayam Goreng Kremes

    Ayam Goreng Kremes

  • Ayam Panggang Saus Cola

    Ayam Panggang Saus Cola

Review

Selengkapnya