6 Cara mudah membuat tahu crispy, dijamin renyah & anti gagal

22 / 06 / 2021 12:04 WIB Shahfara Raida
6 Cara mudah membuat tahu crispy, dijamin renyah & anti gagal
foto: Instagram/@anns_kitchenz

Brilio.net - Tahu crispy merupakan makanan kesukaan hampir setiap orang. Sebab, makanan ini begitu gurih dan renyah di luar, namun tetap lembut di dalam. Banyak kafe maupun kios-kios yang menjual tahu crispy. Nggak salah, kalau makanan ini juga bisa dikategorikan sebagai makanan kekinian.

Tahu sendiri selain dimasak dengan cara digoreng, bisa juga dimasak menjadi masakan lainnya yang sudah pasti lezat. Sejak dulu, tahu memang sudah menjadi bahan makanan yang hampir selalu ada di hidangan-hidangan khas Indonesia. Tahu sendiri berasal dari China yang diambil dari bahasa Hokkian, yakni tauhu.

Selain itu, tahu mengandung mineral, zat besi, kalsium, vitamin B1, magnesium, tembaga, seng, dan selenium. Manfaatnya untuk tubuh, yaitu bisa menurunkan berat badan, mencegah menopause dini, melancarkan peredaran darah, dan lain-lain.

Olahan tahu crispy, walaupun banyak dijual di pasaran, tetapi banyak pula yang hasilnya tidak sesuai dengan selera. Bisa jadi karena teksturnya terlalu keras atau tidak begitu renyah. Berikut enam cara membuat tahu crispy yang renyah dan anti gagal, seperti dilansir Brilio Food dari berbagai sumber pada Selasa (22/6).


1. Siapkan bahan-bahan.

6 Tips membuat tahu crispy  berbagai sumber

foto: freepik.com

Untuk membuat tahu crispy yang lezat, kamu bisa menggunakan tahu putih maupun tahu Sumedang. Fungsinya agar tahu sedikit kopong setelah digoreng nanti dan tekstur tahunya pun masih lembut. Potong-potong kecil agar bisa dimakan dalam sekali gigitan.

Kamu bisa menggunakan beberapa bahan untuk adonan tepungnya, yaitu tepung beras, telur, dan santan. Kamu juga bisa menggunakan bahan lain agar hasilnya lebih gurih, yaitu campuran tepung tapioka dan terigu, baking powder, garam, lada, dan kaldu bubuk. Jangan lupa mencampurkan adonan dengan air yang cukup agar adonannya cenderung encer.


2. Rendam tahu pada adonan.

6 Tips membuat tahu crispy  berbagai sumber

foto: freepik.com

Sebaiknya rendam tahu terlebih dahulu pada sebagian adonan tepung yang sudah dicampurkan, jangan langsung menggorengnya. Dengan merendamnya, tahu lebih gurih dan bumbunya meresap sampai dalam. Sisa adonan tepung bisa kamu bagi menjadi tiga, agar digunakan menjadi 3 tahap saat menggoreng bersama tahunya nanti.


3. Gunakan minyak goreng yang banyak.

6 Tips membuat tahu crispy  berbagai sumber

foto: freepik.com

Jika sudah menyiapkan minyak goreng yang banyak pada wajan, panaskan terlebih dahulu. Usahakan suhunya sudah mencapai 150 derajat celcius, baru masukkan tahunya. Jangan lupa untuk disaring terlebih dahulu dari adonan tepung.


4. Goreng sampai berubah warna.

6 Tips membuat tahu crispy  berbagai sumber

foto: freepik.com

Usahakan jumlah tahu yang dimasukkan menyesuaikan dengan seberapa besar wajan yang digunakan, sehingga tahu tidak mudah menempel satu sama lain saat digoreng. Goreng tahu sampai berubah warna menjadi kuning kecokelatan atau sampai tahu mulai mengapung.


5. Siramkan dengan adonan tepung.

6 Tips membuat tahu crispy  berbagai sumber

foto: freepik.com

Jika tahu sudah mulai mengapung, kamu bisa menyiramkannya dengan adonan tepung secara bertahap. Jangan lupa untuk mengaduknya setiap kamu menyiramkan adonan. Usahakan keadaan minyak masih panas agar hasilnya renyah sempurna. Lakukan hingga adonan habis atau tiga kali penyiraman tepung.


6. Angkat.

6 Tips membuat tahu crispy  berbagai sumber

foto: Instagram/@anns_kitchenz

Angkat tahu jika sudah matang atau berwarna kecokelatan. Jangan lupa disaring agar tidak ada minyak yang tersisa pada tahu. Jika masih banyak minyak yang menumpuk, itu bisa membuat renyahnya tidak tahan lama.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya

Thai Tea Churros

  • Ayam Bakar Garam

    Ayam Bakar Garam

  • Cakwe Asam Manis

    Cakwe Asam Manis

  • Molen Pisang Keju

    Molen Pisang Keju

Review

Selengkapnya