7 Jus kombinasi buah & sayur ini bisa turunkan tekanan darah

20 / 07 / 2021 10:05 WIB Shahfara Raida
7 Jus kombinasi buah & sayur ini bisa turunkan tekanan darah
foto: pixabay.com

Brilio.net - Tekanan darah tinggi dikenal juga dengan sebutan hipertensi. Sudah banyak sekali penderitanya sejak dahulu. Bahkan, tekanan darah tinggi bisa muncul tanpa gejala secara tiba-tiba. Makanya sebaiknya perlu untuk selalu waspada.

Apalagi, di momen Idul Adha kali ini. Nampaknya, semua orang memiliki momen menyantap daging kambing atau sapi bersama keluarga dan kerabat. Jenis daging merah ini baik untuk dikonsumsi karena bernutrisi, namun bisa berbahaya jika dikonsumsi secara berlebihan.

Maka dari itu, sebaiknya mengonsumsi daging merah ini secukupnya saja agar tidak memicu tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi ini bisa menyebabkan penyakit lain pula, lho. Seperti stroke, serangan jantung, permasalahan pembuluh darah, dan lain sebagainya.

Ada berbagai jenis minuman yang dipercaya mampu menurunkan tekanan darah. Sehingga cocok diminum usai menyantap daging. Apa saja? Berikut tujuh jus kombinasi buah dan sayur yang bisa turunkan tekanan darah, dilansir Brilio Food dari berbagai sumber pada Selasa (20/7).

1. Jus belimbing lemon.

7 Jus kombinasi buah dan sayur  Pixabay

foto: pixabay.com

Buah belimbing sepertinya sudah jarang ditemukan. Biasanya, buah ini lebih sering dijadikan rujak. Namun, buah ini juga bisa kamu olah menjadi minuman jus, lho. Tambahkan juga beberapa sendok perasan air lemon agar nutrisinya semakin banyak.

Belimbing memiliki kandungan natrium rendah, namun tinggi kalium. Sehingga, buah ini sangat baik untuk menurunkan tekanan darah di tubuh seseorang. Selain itu, buah ini makin kaya vitamin C jika dikombinasi dengan lemon.

2. Jus tomat bawang putih.

7 Jus kombinasi buah dan sayur  Pixabay

foto: pixabay.com

Sama seperti belimbing, bawang putih juga memiliki kandungan kalium yang baik untuk menurunkan tekanan darah. Bumbu dapur satu ini juga dapat efektif untuk mengurangi kolesterol jahat dan menjaga kesehatan jantung.

Kamu bisa memadukannya dengan tomat yang tinggi antioksidan untuk diolah menjadi jus. Agar lebih manis, kamu bisa menambahkan beberapa butir kismis sesuai selera.

3. Jus mengkudu dan madu.

7 Jus kombinasi buah dan sayur  Pixabay

foto: pixabay.com

Dilansir dari Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Kementerian Pertanian, litbang.pertanian.go.id, buah mengkudu mengandung zat skopoletin yang berfungsi mengatur tekanan darah. Kamu bisa membuatnya menjadi jus dengan campuran madu agar rasanya lebih manis.

4. Jus apel wortel.

7 Jus kombinasi buah dan sayur  Pixabay

foto: pixabay.com

Apel mengandung banyak sekali nutrisi yang baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Antara lain ada kalium, fosfor, magnesium, serat, dan bahkan buah ini rendah lemak. Kamu bisa menggabungkan apel dengan bahan lain seperti wortel dan jeruk nipis untuk dibuat jus.

5. Jus pisang jeruk nipis.

7 Jus kombinasi buah dan sayur  Pixabay

foto: pixabay.com

Tekanan darah tinggi dapat diatasi dengan bahan makanan dan minuman yang kaya akan kalium, pisang salah satunya. Dengan mengonsumsi pisang, bisa menjaga keseimbangan air di tubuh, menjaga kesehatan jantung, dan membantu peredarah oksigen ke otak. Kamu bisa mengonsumsi pisang begitu saja atau mencampurnya dengan bahan lain seperti jeruk nipis.

6. Jus timun labu siam.

7 Jus kombinasi buah dan sayur  Pixabay

foto: pixabay.com

Labu siam sering kali cocok dijadikan sayuran untuk lauk pendamping nasi. Ternyata sayur satu ini sangar baik untuk membantu turunkan tekanan darah, lho. Sebab ada kandungan saponin, alkaloid, dan tanin di dalamnya. Kamu bisa menggabungkan labu siam dengan timun untuk diolah menjadi jus segar.

7. Jus semangka dan sayuran hijau.

7 Jus kombinasi buah dan sayur  Pixabay

foto: pixabay.com

Dilansir dari medicalnewstoday.com, semangka mengandung asam amino bernama sitrulina yang bisa mengontrol tekanan darah tinggi. Kamu bisa mencampurnya menjadi jus dengan tambahan sayuran hijau seperti bayam, kale, kubis, dan lain-lain. Sebab, sayuran hijau ini juga bisa mengontrol tekanan darah tinggi karena kandungan nitratnya.

(brl/mal)

Review

Selengkapnya