5 Bahan alternatif pengganti daging, rendah kolesterol

19 / 07 / 2021 14:00 WIB Shahfara Raida
5 Bahan alternatif pengganti daging, rendah kolesterol
foto ilustrasi: pixabay.com

Brilio.net - Daging kambing dan sapi nampaknya merupakan menu wajib bagi sejumlah orang untuk merayakan Idul Adha. Bahkan, ada yang sampai menyajikan lebih dari satu hidangan berbahan kambing untuk dikonsumsi dengan keluarga.

Hal tersebut sebenarnya bisa membahayakan kesehatan, terutama jika daging dikonsumsi secara berlebihan. Pasalnya, daging sapi dan kambing tinggi akan kandungan kolesterol. Kolesterol tinggi inilah yang bisa menyebabkan berbagai penyakit, seperti stroke, penyakit jantung, darah tinggi, dan sebagainya.

Selain dagingnya, bagian jeroannya pun tinggi kolesterol, baik otak, usus, babat, hati, dan lain-lain. Solusinya, kamu bisa mengurangi konsumsi olahan daging dan jeroannya. Kamu bisa menyiapkan bahan makanan lain untuk menggantikan menu daging sapi dan kambing.

Ada beberapa alternatif bahan makanan untuk menggantikan daging yang bisa kamu gunakan di rumah. Berikut lima bahan alternatif daging untuk menu Idul Adha yang rendah kolesterol, dilansir Brilio Food dari berbagai sumber, Senin (19/7).

1. Tahu.

5 Bahan alternatif daging  Pixabay

foto: pixabay.com

Seperti daging, tahu juga bisa berperan sebagai sumber protein untuk tubuhmu, lho. Protein pada tahu ini bisa memberikan asupan asam amino yang baik untuk kesehatan.

Bahkan, tahu pun tinggi akan zat besi. Kamu bisa mengkreasikan tahu untuk menggantikan atau sekadar mengurangi porsi daging di semur dan masakan lainnya untuk menu Idul Adha di rumah.

2. Tempe.

5 Bahan alternatif daging  Pixabay

foto: pixabay.com

Nggak hanya tahu, tempe juga memiliki nutrisi dan manfaat yang hampir sama dengan tahu. Sama-sama dari kacang kedelai, bahan makanan ini sudah pasti tinggi kandungan zat besi, lho.

Dilansir dari healthline.com, ada pula protein dan kalsiumnya yang sangat baik untuk kesehatan. Kamu bisa menggunakan tempe untuk menggantikan olahan steak maupun sate daging di menu Idul Adha di rumah.

3. Jamur.

5 Bahan alternatif daging  Pixabay

foto: pixabay.com

Kamu juga bisa gunakan jamur untuk menggantikan daging di menu makanan Idul Adha. Sudah banyak sekali ide masakan berbahan jamur yang bisa kamu buat sendiri di rumah, seperti tumisan, sup, gorengan, sate, dan masih banyak lagi.

Jamur pun sangat baik untuk kesehatan karena tinggi serat namun rendah kalori. Kamu juga bisa mencampurnya dengan bahan makanan lain yang tinggi protein, seperti tahu dan tempe untuk memenuhi kebutuhan protein dalam tubuh.

4. Nangka.

5 Bahan alternatif daging  Pixabay

foto: pixabay.com

Nangka termasuk bahan makanan yang sering dijadikan alternatif pengganti daging, terutama bagi yang vegetarian. Nangka tinggi akan karbohidrat, namun proteinnya relatif rendah. Kamu bisa mengolahnya menjadi berbagai jenis tumisan lezat yang gurih dan pedas.

5. Terong.

5 Bahan alternatif daging  Pixabay

foto: pixabay.com

Terong pun termasuk salah satu bahan makanan alternatif pengganti daging yang kerap dipakai oleh vegetarian. Selain itu, bahan makanan ini pun sangat mudah ditemukan di pasaran, harganya juga relatif terjangkau.

Kamu bisa mengolahnya menjadi berbagai hidangan seperti sup, semur, sate, tumisan, dan lain-lain. Rasanya pun dijamin empuk dan lezat.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya

Tim Ikan Kakap Merah

  • Kentang Balado Petai

    Kentang Balado Petai

  • Bakwan Sayur

    Bakwan Sayur

  • Ayam Goreng Sambal Kuning

    Ayam Goreng Sambal Kuning

Review

Selengkapnya