7 Minuman ini dapat memicu sakit migrain, jangan anggap sepele

10 / 09 / 2021 19:01 WIB Shahfara Raida
7 Minuman ini dapat memicu sakit migrain, jangan anggap sepele
unsplash.com

Brilio.net - Migrain sering dialami sejumlah orang, apalagi orang dewasa. Penyebabnya bisa beragam, seperti stres, gejala menstruasi, perubahan jam tidur, perubahan cuaca, olahraga berat, serta akibat salah mengonsumsi sejumlah makanan dan minuman.

Makan dan minum sembarangan memang bisa berisiko terkena migrain. Dilansir dari everydayhealth.com, memilih makanan dan minuman sembarangan bahkan bisa langsung menjadi penyebab migrain seketika usai mengonsumsinya. Sehingga sebaiknya lebih berhati-hati saat memilih makanan dan minuman.

Makanan yang bisa berisiko membuat migrain adalah yang memiliki kandungan tinggi lemak. Misalnya seperti pizza, hot dog, hingga jenis junk food lainnya. Sementara minuman, kebanyakan yang mudah memicu migrain cenderung memiliki rasa manis karena tinggi gula. Bahkan, bagi orang-orang yang memang memiliki penyakit migrain sejak lama, minuman ini pun berisiko membuat migrain jadi lebih parah, lho.

Apa saja sih minuman yang bisa memicu serta bikin migrain jadi lebih parah? Berikut BrilioFood rangkum dari berbagai sumber pada Jumat (10/9).

1. Kopi.

7 minuman migrain  Unsplash

foto: unsplash.com

Siapa saja pasti sudah tahu jika kopi mengandung kafein. Nah, sebenarnya kafein aman dan baik untuk tubuh, lho. Namun, kafein baik untuk tubuh jika dikonsumsi sewajarnya saja. Dilansir dari healthline.com, bila minuman berkafein dikonsumsi secara berlebihan, bisa berbahaya, terutama bisa memicu migrain.

2. Teh.

7 minuman migrain  Unsplash

foto: unsplash.com

Teh adalah salah satu minuman yang punya banyak manfaat kesehatan. Tapi tahukah kamu kalau teh juga mengandung kafein? Nah, buat kamu yang kerap mengalami migrain, sebaiknya jangan mengonsumsi teh secara berlebihan, ya.

3. Cokelat.

7 minuman migrain  Unsplash

foto: unsplash.com

Selain kopi dan teh, ada satu lagi minuman yang mengandung kafein, nih. Cokelat juga bisa memicu migrain, lho. Makanya sebaiknya cokelat tidak diminum secara berlebihan supaya tidak migrain.

4. Soda.

7 minuman migrain unsplash

foto: unsplash.com

Rasa segar dan manis soda memang bikin nagih banget, bukan? Sayangnya, soda begitu tinggi kandungan gula. Minuman ini kurang baik jika dikonsumsi, apalagi jika berlebihan. Sebaiknya, jangan sering-sering minum soda, ya.

5. Minuman beralkohol.

7 minuman migrain  Unsplash

foto: unsplash.com

Alkohol menjadi minuman yang paling sering jadi penyebab migrain, lho. Seperti dilansir dari National Library of Medicine, 35 persen migrain yang diderita oleh orang-orang ternyata penyebabnya dikarenakan oleh minuman beralkohol.

6. Jus dari buah kering.

7 minuman migrain  Unsplash

foto: unsplash.com

Mengutip dari webmd.com, buah kering dilaporkan bisa menjadi salah satu penyebab seseorang terkena migrain. Selain dikonsumsi langsung, buah kering seperti kismis dan sejumlah buah beri lainnya juga kerap dibuat menjadi jus untuk dikonsumsi. Sebaiknya, mengonsumsi jus dari buah kering ini dikurangi dan bisa lebih sering memilih buah segar saja.

7. Minuman susu dengan pemanis buatan.

7 minuman migrain  Unsplash

foto: unsplash.com

Sejumlah produk susu yang dihadirkan dengan berbagai rasa biasanya mengandung gula buatan, lho. Gula buatan inilah yang bisa memicu munculnya migrain. Makanya, disarankan untuk mengonsumsi susu tanpa tambahan gula untuk mencegah migrain.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya

Tim Ikan Kakap Merah

  • Kentang Balado Petai

    Kentang Balado Petai

  • Bakwan Sayur

    Bakwan Sayur

  • Ayam Goreng Sambal Kuning

    Ayam Goreng Sambal Kuning

Review

Selengkapnya