7 Trik masak menu sehat ala Fairuz A Rafiq, cocok untuk diet

07 / 03 / 2022 16:02 WIB Annathiqotul Laduniyah
7 Trik masak menu sehat ala Fairuz A Rafiq, cocok untuk diet
Instagram/@fairuzarafiq

Brilio.net - Diet tapi tetap makan enak bukanlah hal yang sulit dilakukan. Bahkan penderita GERD atau asam lambung juga bisa aman melakukan diet tanpa menyiksa. Seperti halnya yang dilakukan oleh Fairuz A Rafiq. Sekalipun pernah memiliki sakit lambung akut, Fairuz A Rafiq tetap bisa menurunkan berat badannya.

"Dietku ini bisa untuk orang yang sehat, dan orang yang sakit lambung dan akupun punya sakit lambung yang udah emang lumayan parah," ujar Fairuz A Rafiq dilansir dari YouTube Sonfai Family.

Nah, salah satu kunci penurunan berat badan ala Fairuz adalah dengan menjaga pola makan melalui sarapan. Sedangkan untuk mengatur sarapannya tersebut, Fairuz A Rafiq biasa mengonsumsi makanan yang dimasak sendiri.

Memasak sendiri bisa jadi cara ampuh untuk mengontrol bahan makanan apa saja yang akan dikonsumsi oleh tubuh. Agar masakannya aman buat diet dan tetap enak, istri Sonny Septian ini memiliki trik tertentu, lho.

Dilansir BrilioFood dari akun Instagram @fairuzarafiq dan YouTube Sonfai Family, ini dia tujuh trik masak sehat ala Fairuz A Rafiq.

1. Gunakan garam himalaya.

7 Trik masak menu sehat ala Fairuz A Rafiq, cocok untuk diet

foto: unsplash.com

Ketika memasak, Fairuz bebas menggunakan berbagai bumbu. Dia juga masih memakai bumbu garam. Namun Fairuz A Rafiq menyarankan agar takaran garam sedikit saja. Nah, supaya makin sehat lagi, Fairuz lebih memilih garam himalaya (pink) salt.

"Aku sih rekomendasi pakenya garam yang sehat, yang garam warnanya pink (merah muda)," ujar Fairuz di YouTubenya.

2. Pakai fibercreme sebagai pengganti santan.

7 Trik masak menu sehat ala Fairuz A Rafiq, cocok untuk diet

foto: Instagram/@fairuzarafiq

Salah satu menu makan siang Fairuz saat diet adalah sayur lodeh. Namun, alih-alih menggunakan santan, Fairuz A Rafiq menyarankan untuk menggantinya dengan fibercreme yang lebih cocok untuk diet.

"Semua bumbunya sama persis, cuma santannya diganti fiber," ungkap Fairuz melansir dari Instagram @fairuzarafiq.

3. Ganti susu biasa dengan soya milk.

7 Trik masak menu sehat ala Fairuz A Rafiq, cocok untuk diet

foto: Instagram/@fairuzarafiq

Susu soya atau susu kedelai mengandung protein nabati dan asam lemak omega-3. Ketika membuat sarapan seperti smoothies buah, dia biasa menggunakan susu soya. Susu soya dipercaya baik untuk diet. Dilansir dari fitday.com, susu soya dapat membantu menekan nafsu makan dan meningkatkan metabolisme tubuh lebih efisien.

4. Selalu tambahkan chia seed saat mengonsumsi buah.

7 Trik masak menu sehat ala Fairuz A Rafiq, cocok untuk diet

foto: freepik.com

Penggunaan chia seed bisa membuat makanan semakin sehat. Fairuz A Rafiq biasanya menambahkan chia seed saat menyantap buah-buahan untuk sarapan. Sedangkan untuk jenis buah, dia memiliki buah pepaya, pir, atau apel yang memiliki rasa lebih manis.

5. Gunakan minyak kelapa atau virgin coconut oil.

7 Trik masak menu sehat ala Fairuz A Rafiq, cocok untuk diet

foto: unsplash.com

Sekalipun diet, Fairuz tetap tidak menghindari penggunaan minyak saat memasak, nih. Namun jika membuat masakan berbasis gorengan, dia cenderung menggunakan minyak yang sehat seperti minyak kelapa.

"Telur boleh kalian goreng. Nah, digorengnya pake minyak kelapa boleh, virgin coconut oil boleh. Pokoknya minyak-minyakan yang sehat," jelasnya di YouTube Sonfai Family.

6. Selalu pakai sayuran.

7 Trik masak menu sehat ala Fairuz A Rafiq, cocok untuk diet

foto: freepik.com

Fairuz A Rafiq mencontohkan telur goreng sebagai salah satu menu yang sehat karena tinggi protein. Tapi dia juga menyarankan untuk menambahkan sayuran seperti tomat ke dalam masakan telur goreng tersebut.

"Terus mau dipakein tomat boleh. Pokoknya sayur-sayuran yang sehat dipakein aja boleh," kata Fairuz di YouTube Sonfai Family.

7. Tidak perlu menambahkan tepung dan gula pada masakan.

7 Trik masak menu sehat ala Fairuz A Rafiq, cocok untuk diet

foto: YouTube/Sonfai Family

Selama menjalani diet, mengonsumsi makanan bertepung dan gula merupakan salah satu pantangan bagi Fairuz A Rafiq. Oleh karena itu, dia menghindari penggunaan bahan makanan ini setiap kali memasak.

"Pantangannya no tepung, no gula klo lagi bener ngejar (turun) berat badan. Tapi nggak usah terlalu ekstrem, jadi dikurangi aja pelan-pelan," ungkapnya di Instagram @fairuzarafiq.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya

Tumis Timun Pedas

  • Soto Mi

    Soto Mi

  • Mie Aceh

    Mie Aceh

  • Lotek

    Lotek

Review

Selengkapnya