Punya asam lambung, ini 9 pola diet Fairuz A Rafiq agar tetap aman

26 / 08 / 2021 14:03 WIB Shahfara Raida
Punya asam lambung, ini 9 pola diet Fairuz A Rafiq agar tetap aman
foto: Instagram/@fairuzarafiq

Brilio.net - Memiliki tubuh langsing dari berdiet, rupanya membuat banyak warganet terinspirasi dari cara berdiet Fairuz A Rafiq. Meski memiliki penyakit asam lambung, namun ternyata ia tetap bisa menjaga pola hidup sehat dengan berdiet.

Ia pun mengaku dietnya ini juga salah satu cara untuk menurunkan berat badan. Tak hanya menjaga pola makan, ia juga rutin berolahraga, lho. Menurutnya, tak semua pola diet dapat cocok untuk orang dengan penyakit asam lambung. Sehingga, ia memiliki cara diet tersendiri yang menurutnya cocok.

"Punya sakit lambung, aku juga punya sakit lambung dan lambung aku udah akut. Aku udah berkali-kali masuk rumah sakit, udah endoskopi, kolonoskopi. Nggak semua macam diet tuh bisa cocok di orang yang memang udah sakitnya tuh kayak gini," jelas Fairuz.

Lantas, gimana sih caranya Fairuz bisa tetap berdiet walaupun punya asam lambung? Berikut sembilan cara diet aman untuk penderita asam lambung ala Fairuz A Rafiq, dilansir Brilio Food dari YouTube/SonFai Family, Kamis (26/8).

1. Sarapan telur.

Cara diet aman untuk penderita asam lambung ala Fairuz  berbagai sumber

foto: pixabay.com

Menurut Fairuz, walaupun sedang diet, tetapi harus tetap sarapan. Menu sarapan yang cocok adalah makanan tinggi protein seperti telur. Kamu bisa makan 2 putih telur dan 1 kuning telur yang dimasak dengan minyak sedikit saja.

2. Tambahkan sayuran.

Cara diet aman untuk penderita asam lambung ala Fairuz  berbagai sumber

foto: pixabay.com

Penting juga untuk menambahkan nutrisi seperti sayuran pada menu sarapan. Nggak hanya putih dan kuning telur saja, menurut Fairuz bisa lebih enak dan sehat jika ditambahkan dengan sayuran seperti daun bawang dan tomat.

3. Menggunakan garam sehat untuk masak.

Cara diet aman untuk penderita asam lambung ala Fairuz  berbagai sumber

foto: pixabay.com

Saran dari Fairuz, saat sedang berdiet bisa beralih dari garam biasa ke garam sehat. Salah satu jenis garam sehat untuk berdiet adalah garam himalaya.

4. Sarapan buah-buahan.

Cara diet aman untuk penderita asam lambung ala Fairuz  berbagai sumber

foto: YouTube/@SonFai Family

Jika bosan mengonsumsi telur atau makanan berprotein lainnya, kamu bisa juga mengonsumsi buah-buahan. Fairuz pun sempat membagikan menu sarapan kesukaannya, yakni smoothies dari pisang, stroberi, oat, dan susu soya.

Ia juga menyarankan untuk jangan memilih buah yang semuanya memiliki rasa asam agar tetap aman untuk lambung. Makanya, saat membuat smoothies dari stroberi, ia juga menambahkan pisang yang cenderung lebih manis.

5. Bebas makan siang.

Cara diet aman untuk penderita asam lambung ala Fairuz  berbagai sumber

foto: YouTube/@SonFai Family

Menurut Fairuz, semua orang dengan penyakit asam lambung bebas ingin makan siang apa saja asalkan tetap sehat. Namun, juga tetap harus memperhatikan porsinya, jangan terlalu sedikit maupun terlalu banyak.

6. Tidak mengonsumsi gula berlebih.

Cara diet aman untuk penderita asam lambung ala Fairuz  berbagai sumber

foto: pixabay.com

Fairuz menekankan, program dietnya tidak boleh mengonsumsi gula berlebihan. Bukan berarti tidak boleh menambahkan gula pada masakan. Ia tetap menambahkan bumbu gula sedikit pada masakannya. Gula yang tidak boleh dikonsumsi maksudnya dari minuman manis, kue, dan sebagainya.

7. Jadikan buah sebagai camilan.

Cara diet aman untuk penderita asam lambung ala Fairuz  berbagai sumber

foto: pixabay.com

Kalau sedang ingin makan manis, Fairuz kerap mengonsumsi berbagai buah, menurutnya jenis buah apa saja boleh dimakan saat sedang diet. Seperti pir, pepaya, apel, dan lain-lain yang berserat tinggi.

8. Tidur cukup.

Cara diet aman untuk penderita asam lambung ala Fairuz  berbagai sumber

foto: pixabay.com

Tidur pun harus diperhatikan saat berdiet. Menurut Fairuz, sebaiknya mencukupi jam tidur minimal 8 jam dan jangan sampai kelelahan. Menurutnya jika kurang tidur, bisa memengaruhi metabolisme tubuh.

9. Olahraga minimal 3 kali dalam seminggu.

Cara diet aman untuk penderita asam lambung ala Fairuz  berbagai sumber

foto: YouTube/@SonFai Family

Nggak perlu setiap hari, menurut Fairuz, olahraga bisa dilakukan minimal 3 kali dalam seminggu. Penting juga untuk tidak terlalu menargetkan agar timbangan langsung turun secara drastis. Melainkan, olahraga perlu dinikmati biar sehat, bugar, bentuk tubuh menjadi lebih baik, dan tidur lebih nyenyak.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya

Ayam Budu Budu

  • Kue Sus

    Kue Sus

  • Bistik Selat Solo

    Bistik Selat Solo

  • Ayam Saus Inggris

    Ayam Saus Inggris

Review

Selengkapnya