7 Trik Shanju eks JKT48 masak sehat, simpel dan bebas micin

28 / 12 / 2021 12:03 WIB Shahfara Raida
7 Trik Shanju eks JKT48 masak sehat, simpel dan bebas micin
foto: Instagram/@shanju

Brilio.net - Memulai kariernya sebagai member JKT48, nama Shania Junianatha atau Shanju semakin dikenal publik. Namanya semakin melambung usai merambah ke dunia akting. Di tengah padatnya aktivitasnya, Shanju punya cara khusus untuk selalu menjaga kesehatannya.

Tak mau makan sembarangan, Shanju lebih banyak memasak sendiri makanannya, apalagi semenjak pandemi menyerang. Tunangan Jonatan Christie ini mengaku jadi sedikit takut untuk membeli makanan dari luar. Dengan masak sendiri, ia bisa mengontrol bahan makanan yang digunakan.

"Lg virus gini jd takut jajan luar, yaudah. Bikin sendiri aja," tulisnya di Instagram Stories.

Selain memastikan bahan-bahan yang digunakan higienis, mantan member JKT48 ini juga memperhatikan betul caranya dalam memasak. Oleh karena itu, Shanju punya trik tersendiri dalam memasak agar makanannya tetap enak meski nggak menggunakan bahan pengawet.

INFOGRAFIS TRIK MASAK SEHAT SHANJU  2021 brilio.net

INFOGRAFIS TRIK MASAK SEHAT SHANJU
2021 brilio.net/Jayadi Priyanto

Caranya dalam memasak ini juga bisa menjaga imun tubuh agar tetap stabil. Penasaran bagaimana cara Shanju masak? Dilansir BrilioFood dari akun Instagram @shanju pada Selasa (28/12), berikut tujuh trik Shanju eks JKT48 masak sehat yang simpel dan bebas micin.

1. Mengurangi masak gorengan.

trik shanju masak  Instagram

foto: Instagram/@shanju

Menjaga asupan makannya, Shanju memilih untuk mengurangi konsumsi gorengan. Ia juga jarang memasak dengan teknik menggoreng menggunakan banyak minyak. Shanju lebih sering memasak dengan cara tumis yang menggunakan sedikit minyak. Salah satu kreasi masakannya yang menggunakan sedikit minyak adalah tongkol suwir ini.

Dilansir dari healthline.com, sebaiknya memang mengurangi gorengan. Terlalu banyak mengonsumsi gorengan bisa berdampak negatif untuk kesehatan. seperti meningkatkan risiko diabetes, penyakit jantung, serta obesitas.

2. Tidak pakai bumbu micin.

trik shanju masak  Instagram

foto: Instagram/@shanju

Micin dikenal juga dengan bumbu dapur mengandung MSG (monosodium glutamate). Bumbu satu ini kurang direkomendasikan untuk dikonsumsi sehari-hari. Dilansir dari ncbi.nlm.nih.gov, micin bisa menjadi penyebab obesitas dan mengganggu metabolisme tubuh.

Apalagi jika dikonsumsi secara berlebihan. Makanya Shanju nggak menggunakan micin pada menu-menu masakannya. Sebagai gantinya, Shanju memilih menggunakan kaldu jamur sebagai bumbu penyedap.

3. Pakai garam dan gula sedikit saja.

trik shanju masak  Instagram

foto: Instagram/@shanju

Gula dan garam pun hanya digunakan oleh Shanju secukupnya di masakannya. Dilansir dari eatforhealth, penting untuk mengonsumsi garam dan gula secukupnya untuk bikin berat badan stabil dan mencegah berbagai penyakit pada tubuh.

4. Menggunakan lebih banyak bumbu rempah alami.

trik shanju masak  Instagram

foto: Instagram/@shanju

Nah, biar masakannya tetap lezat, Shanju lebih banyak menggunakan bumbu rempah alami, seperti bawang merah dan putih, cabai, daun salam, daun jeruk, jahe, kunyit, dan masih banyak lagi. Pastinya, bumbu rempah ini bermanfaat untuk kesehatan.

5. Rutin memasak berbagai jenis sayuran.

trik shanju masak  Instagram

foto: Instagram/@shanju

Shanju juga selalu berusaha memasak berbagai jenis sayuran untuk ia dan keluarga setiap harinya. Mulai dari sayur ditumis, berkuah, hingga pepes. Salah satunya capcay dari berbagai jenis sayuran ini.

6. Memasak daging sampai matang sempurna.

trik shanju masak  Instagram

foto: Instagram/@shanju

Memastikan daging sapi maupun ayam matang sempurna juga selalu dilakukan Shanju. Dilansir dari wonderpolis.org, daging sapi maupun ayam yang belum matang bisa mengandung bakteri dan parasit.

Bakteri dan parasit yang tersisa dalam daging tersebut bisa menyebabkan imun lemah jika dikonsumsi. Direkomendasikan memasak daging hingga matang untuk membunuh bakteri dan parasit tersebut.

7. Menggoreng pakai air fryer.

trik shanju masak  Instagram

foto: Instagram/@shanju

Sesekali, jika ingin memasak dengan cara digoreng, Shanju menggunakan air fryer. Alat ini bikin menggoreng jadi lebih sehat lantaran tidak perlu minyak.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya

Ayam Goreng Serai

  • Karedok

    Karedok

  • Ayam Bakar Sambal Dabu-Dabu

    Ayam Bakar Sambal Dabu-Dabu

  • Ayam Goreng Kremes

    Ayam Goreng Kremes

Review

Selengkapnya