8 Makanan dan minuman pereda mabuk, ubi jalar salah satunya

8 Makanan dan minuman pereda mabuk, ubi jalar salah satunya
healthline.com/drozshow.com

Brilio.net - Mabuk bisa disebabkan karena mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan atau melakukan perjalanan jauh. Nah buat kamu yang sudah berusia di atas 21 tahun, sebaiknya tidak memaksakan diri untuk meneguk minuman beralkohol terlalu banyak. Selain bisa mengganggu kesehatan, mabuk karena alkohol juga sangat membahayakan lho.

Sebab, mabuk alkohol tidak hanya membuat mulut kering, tapi juga menyebabkan kepala pusing, mual, bahkan bisa mengakibatkan pingsan. Kalau sudah begini kan repot. Karena itu sebaiknya jangan menghukum diri sendiri deh.

Sementara buat kamu yang sering mabuk perjalanan, sebaiknya menyiapkan diri sebelum melakukan perjalanan. Jangan pernah membiarkan perut kamu kosong. Kamu juga bisa menyiapkan obat anti mabuk dan diminum sebelum bepergian.

Masalahnya, sampai saat ini sebenarnya belum ada obat ampuh yang bisa menyembuhkan mabuk, baik karena alkohol maupun akibat bepergian. Kondisi mabuk tersebut hanya bisa diredam atau dipulihkan secara perlahan. Nah berikut makanan dan minuman yang dapat meredakan mabuk.

1. Yogurt

8 Makanan dan minuman pereda mabuk, ubi jalar salah satunya healthline.com

Makanan hasil fermentasi susu ini dapat membantu meredakan rasa mual akibat mabuk. Yogurt juga dapat dapat membantu meredakan sakit perut, mengatur gula darah, dan mengurangi kembung.

2. Roti bakar alpukat

8 Makanan dan minuman pereda mabuk, ubi jalar salah satunya drozshow.com

Roti bakar yang ditaburi alpukat juga dipercaya dapat meredakan rasa mabuk karena adanya kandungan lemak guacamole dari alpukat dan karbohidrat dari roti. Kandungan ini dapat menyeimbangkan perut dan tubuh kamu yang sakit akibat mabuk.

Saat mabuk, kamu kehilangan kalium yang membantu mengatur cairan dalam tubuh. Ketika tidak memiliki cukup kalium maka dapat menyebabkan pusing, kejang otot, dan lemas. Selain itu alpukat juga mengandung potasium yang dapat membantu meredakan mabuk.

3. Pisang

8 Makanan dan minuman pereda mabuk, ubi jalar salah satunya farmersalmanac.com

Pisang kaya akan potasium dan dapat membantu mengembalikan keseimbangan cairan dalam tubuh. Selain itu pisang juga mengandung magnesium, yang dapat mengendurkan pembuluh darah, sehingga mengurangi sakit kepala. Pisang juga merupakan sumber vitamin B6 yang sangat membantu mengurangi gejala mabuk.

4. Air lemon

8 Makanan dan minuman pereda mabuk, ubi jalar salah satunya selecthealth.org

Seperti kita ketahui, hati adalah organ tubuh vital yang berperan untuk membuang racun dalam tubuh. Sebagian besar alasan mengapa orang mabuk juga disebabkan dehidrasi. Alkohol merupakan diuretik alami yang membuat ginjal mengeluarkan cairan lebih cepat sehingga menyebabkan dehidrasi.

Nah air lemon dapat membantu hati memproses alkohol dan merehidrasi tubuh. Antioksidan yang ditemukan dalam kulit lemon juga dapat merangsang enzim dalam hati. Lemon juga kaya vitamin C yang baik untuk sistem kekebalan tubuh secara umum.

5. Ikan salmon dan asparagus

8 Makanan dan minuman pereda mabuk, ubi jalar salah satunya finecooking.com/Scott Phillips

Jika terpaksa harus mengonsumsi alkohol, ada baiknya kamu mengonsumsi ikan salmon dicampur asparagus sebelumnya. Sebab, ikan salmon kaya akan asam lemak esensial dan vitamin B12. Satu porsi ikan salmon mengandung sekitar 50% dosis harian vitamin B12 yang direkomendasikan.

Nah saat kamu minum (alkohol), kadar vitamin B12 akan turun karena alkohol dapat mencegah penyerapan vitamin dari makanan. Jadi, ikan salmon dapat membantu mempertahankan tingkat vitamin B12 dalam tubuh. Sementara sejumlah penelitian menunjukkan bahwa asparagus membantu mencegah kerusakan sel hati yang disebabkan alkohol.

6. Ubi jalar

8 Makanan dan minuman pereda mabuk, ubi jalar salah satunya ndtv.com

Ubi jalar juga dipercaya dapat meredakan mabuk karena memiliki sejumlah manfaat. Ubi jalar dikenal lebih bergizi ketimbang kentang putih. Selain itu, ubi jalar bisa sangat mengenyangkan, dan membantu mengatur gula darah. Selain itu ubi jalar juga mengandung elektrolit yang membantu mempertahankan cairan tubuh.

7. Acar

8 Makanan dan minuman pereda mabuk, ubi jalar salah satunya taste.com.au

Acar juga dipercaya dapat meredakan mual akibat mabuk. Kandungan garam dan asam yang ada pada acar dapat membantu mengisi kembali elektrolit.

8. Cheeseburger

8 Makanan dan minuman pereda mabuk, ubi jalar salah satunya McDonalds.com

Memiliki kandungan protein dan lemak, cheeseburger dipercaya membantu menyerap sebagian alkohol dalam perut. Karena itu sebaiknya kamu mengonsumsi cheeseburger sebelum minum alkohol.

Sebab, jika kamu makan cheeseburger setelah menyesap alkohol, berpotensi membuat sakit perut karena kandungan minyak yang ada pada cheeseburger hanya akan mengiritasi perut kamu.

(brl/red)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya