9 Buah ini bantu menghilangkan ketombe, kulit kepala jadi bersih

25 / 03 / 2022 11:02 WIB Shahfara Raida
9 Buah ini bantu menghilangkan ketombe, kulit kepala jadi bersih
pexels.com

Brilio.net - Sama halnya dengan organ tubuh lainnya, rambut dan kulit kepala juga perlu dijaga kesehatandan kebersihannya. Namun, sejumlah orang masih kerap mendapati permasalahan seperti rambut rontok, rambut rapuh, hingga ketombe di rambut dan kulit kepala.

Penyebab ketombe, dilansir dari mayoclinic.org, dapat berbeda di setiap orang. Contohnya bisa karena iritasi, kulit kepala berminyak, kulit kepala kering, jamur, sensitif dengan produk sampo, penyakit kulit psoriasis, eksim, maupun penyebab lainnya.

Dilansir dari healthline.com, kamu bisa menggunakan bahan alami seperti baking soda, minyak kelapa, lidah buaya, dan bahan lainnya untuk membersihkan rambut dan kulit kepala dari ketombe. Selain itu, ternyata penting, lho, untuk menjaga pola makan sehat untuk mengatasi ketombe.

Kamu bisa mulai rutin mengonsumsi sejumlah buah-buahan. Apa saja buah yang dapat membantu menghilangkan ketombe? Dilansir BrilioFood dari berbagai sumber pada Jumat (25/3).

1. Stroberi.

Buah atasi ketombe  berbagai sumber

foto: Pixabay/croisy

Buah stroberi sangat bagus dikonsumsi untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala. Dilansir dari bebeautiful.in, buah ini tinggi vitamin C yang bisa menutrisi rambut jadi lebih sehat dan mencegah penumpukan minyak di kulit kepala penyebab ketombe.

2. Blueberry.

Buah atasi ketombe  berbagai sumber

foto: Pixabay/Meadowphoto

Dilansir dari tasteofhome.com, selain bisa menjaga kesehatan dan kebersihan kulit kepala, rutin makan buah blueberry juga bikin rambut sehat, lembut, dan mencegah munculnya uban.

3. Alpukat.

Buah atasi ketombe  berbagai sumber

foto: Pixabay/Geraldine Dukes

Buah alpukat terbukti bermanfaat untuk kesehatan rambut dan kulit kepala. Dilansir dari medicalnewstoday.com, alpukat punya kandungan minyak alami dan asam lemak tak jenuh. Kamu bisa mengonsumsi buah serta minyak alpukat secara rutin.

4. Pisang.

Buah atasi ketombe  berbagai sumber

foto: Pixabay/Steve Buissinne

Kamu juga bisa rutin makan buah pisang. Dilansir dari bellissimo.in, pisang bisa bantu memperbaiki rambut rusak, lho. Di sisi lain, vitamin dan mineral yang dimiliki pisang juga membantu menjaga kulit kepala bebas dari ketombe.

5. Apel.

Buah atasi ketombe  berbagai sumber

foto: Pixabay/Couleur

Apel terkenal sebagai buah yang bisa jaga imun tubuh. Ternyata, apel juga bermanfaat untuk atasi ketombe, lho. Dilansir dari bollywoodshaadis.com, nutrisi apel bisa menjaga rambut dan kulit kepala bebas ketombe.

6. Jeruk.

Buah atasi ketombe  berbagai sumber

foto: Pixabay/Steve Buissinne

Sudah jadi rahasia umum kalau jeruk tinggi kandungan vitamin C. Dilansir dari hindustantimes.com, vitamin C dari jeruk bisa melawan ketombe membandel di kulit kepala. Cocok dikonsumsi secara rutin.

7. Lemon.

Buah atasi ketombe  berbagai sumber

foto: Pixabay/Richard John

Sama seperti jeruk, lemon juga punya vitamin C yang sangat tinggi. Selain itu, dilansir dari food.ndtv.com, lemon bisa bersifat antijamur untuk menjaga kulit kepala dan rambut bersih dari ketombe.

8. Jambu.

Buah atasi ketombe  berbagai sumber

foto: Pixabay/SweetMellowChill

Buah jambu tinggi antioksidan yang bisa mencegah radikal bebas merusak rambut. Selain itu, buah ini juga bersifat antimikroba untuk mencegah perkembangan ketombe. Dilansir dari timesnownews.com, daun jambu juga punya manfaat yang nggak kalah ampuh untuk menghilangkan ketombe.

9. Pepaya.

Buah atasi ketombe  berbagai sumber

foto: Pixabay/3centista

Pepaya identik sebagai buah untuk melancarkan pencernaan. Ternyata, pepaya juga bermanfaat untuk mengatasi ketombe, lho. Dilansir dari vogue.in, pepaya memiliki enzim papain untuk mencegah pertumbuhan minyak di kulit kepala yang berisiko menyebabkan ketombe.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya

Karedok

  • Ayam Bakar Sambal Dabu-Dabu

    Ayam Bakar Sambal Dabu-Dabu

  • Ayam Goreng Kremes

    Ayam Goreng Kremes

  • Ayam Panggang Saus Cola

    Ayam Panggang Saus Cola

Review

Selengkapnya