Bukan direndam air, ini cara menyimpan daun salam agar tidak kering dan menghitam dalam 1 bulan

Bukan direndam air, ini cara menyimpan daun salam agar tidak kering dan menghitam dalam 1 bulan
Gampang dipraktikkan |

Cara menyimpan daun salam agar tidak kering dan menghitam

Pertama, pisahkan dulu daun salam dari batang dan tangkainya. Kemudian, cuci bersih daun salam di bawah air mengalir. Setelah bersih, keringkan daun salam dengan tisu ataupun serbet bersih.

Bukan direndam air, ini cara menyimpan daun salam agar tidak kering dan menghitam dalam 1 bulan

foto: TikTok/@nanda_dapurddn

Selanjutnya, masukkan daun salam ke dalam plastik ziplock. Kamu juga bisa menggunakan jenis plastik lain ataupun toples, asalkan kedap udara. Terakhir, simpan daun salam tersebut di dalam freezer. Yup, dengan cara menyimpan ini, daun salam tak akan mudah kering ataupun menghitam dalam 1 bulan.

Bukan direndam air, ini cara menyimpan daun salam agar tidak kering dan menghitam dalam 1 bulan

foto: TikTok/@nanda_dapurddn

Gimana, gampang banget kan cara menyimpan daun salam ini? Mengintip unggahan TikTok @nanda_dapurddn, memang belum banyak warganet meninggalkan komentar, tapi video ini sudah mendapat banyak antusias dari penonton, yakni lebih dari 10 ribu penayangan.

"kalo aku lebih suka di jemur bun daripada masuk freezer," tulis TikTok @tehholi dan dibalas oleh pemilik video, "Bisa jg bun jadi daun salamnya yg tipe kering."

@nanda_dapurddn Turorial simpan daun salam awet berbulan bulan #daunsalam #tutorial #fyp #simpambumbu Aesthetic - Tollan Kim

Manfaat daun salam untuk kesehatan.

Penggunaan daun salam memang ampuh bikin aroma masakan jadi lebih wangi. Di sisi lain, daun salam juga memiliki sejumlah khasiat untuk kesehatan, lho. Berikut sejumlah manfaat daun salam untuk kesehatan.

1. Mengandung antioksidan.

Daun salam mengandung senyawa antioksidan seperti flavonoid dan tanin, yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh dan mengurangi risiko kerusakan sel serta peradangan.

2. Menyokong kesehatan pencernaan.

Daun salam telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk membantu pencernaan. Kandungan senyawa aktif dalam daun salam dapat membantu merangsang produksi empedu yang diperlukan untuk pencernaan lemak, serta meredakan gejala seperti gas dan kembung.

3. Menurunkan gula darah.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun salam dapat membantu menurunkan kadar gula darah dalam darah. Ini berguna bagi penderita diabetes atau mereka yang memiliki masalah dengan kontrol gula darah.

4. Meningkatkan kesehatan jantung.

Daun salam diketahui mengandung senyawa seperti eugenol, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol. Ini dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

5. Sifat antiinflamasi.

Kandungan senyawa aktif dalam daun salam memiliki sifat antiinflamasi, yang dapat membantu meredakan peradangan dalam tubuh dan mengurangi risiko penyakit yang berkaitan dengan peradangan, seperti arthritis.

6. Mengandung nutrisi penting.

Daun salam mengandung berbagai nutrisi penting seperti vitamin A, vitamin C, kalsium, zat besi, dan magnesium, yang penting untuk kesehatan umum tubuh.

7. Mengurangi stres.

Aroma dari daun salam diketahui memiliki sifat menenangkan dan dapat membantu mengurangi tingkat stres dan kecemasan. Ini dapat membantu meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya