Bukan ditambal karet gelang, ini trik mengatasi tabung gas elpiji bocor dan berdesis pakai 1 alat

Bukan ditambal karet gelang, ini trik mengatasi tabung gas elpiji bocor dan berdesis pakai 1 alat
YouTube/Business Inspiration

Brilio.net - Tabung LPG merupakan bahan bakar kompor berupa gas yang banyak dimanfaatkan masyarakat. Bahan bakar gas tersebut nantinya akan menghasilkan api, yang keluar dari kompor. Perapian ini lantas digunakan untuk berbagai macam keperluan rumah tangga, khususnya buat memasak.

Menggunakan tabung gas untuk memasak memang dinilai praktis. Selain karena mudah didapat, tabung gas juga dijual dengan berbagai kapasitas dengan varian harga yang beragam. Mulai dari kapasitas 3 kg, 5 kg 12 kg, hingga 50 kg.

Namun dalam beberapa kasus, penggunaan tabung gas ini terkadang memiliki kendala tersendiri. Salah satu kendala yang sering terjadi adalah adanya kebocoran pada tabung gas. Lebih tepatnya, ketika tabung baru dipasangi regulator, ada bunyi mendesis yang keluar, pertanda adanya kebocoran.

Masalah seperti itu biasanya terjadi karena regulator atau bahkan tabung gasnya sudah aus, sehingga lubangnya pun longgar. Lantas untuk mengatasi hal tersebut, sebagian orang biasanya akan menambalnya dengan karet gelang atau mengganti karet seal di lubang tabung gas bagian atas. Nah, seal sendiri harusnya berperan untuk mengunci tabung dan regulator. Namun jika terjadi kebocoran, berarti seal tersebut juga sudah rusak.

Dalam beberapa kasus, mengganti seal tabung gas sekaligus menambalnya dengan karet gelang memang bisa mengatasi kebocoran elpiji. Namun dalam beberapa kasus lain, cara tersebut sama sekali tidak membantu. Oleh sebab itu, banyak orang kemudian mencari alternatif lain, seperti halnya yang dilakukan pengguna YouTube Business Inspiration.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya