Bukan nanas, cara mengempukkan daging pakai 1 buah ini bikin teksturnya gampang dikunyah

Bukan nanas, cara mengempukkan daging pakai 1 buah ini bikin teksturnya gampang dikunyah
Buahnya saja segar dimakan ketika matang, ternyata bermanfaat buat daging, lho |

Pertama-tama, masing-masing bahan marinasi bisa dihaluskan atau dilarutkan dulu dengan air. Kemudian, oleskan ke seluruh permukaan potongan daging sampai merata. Daging yang sudah dibaluri dengan bahan marinasi bisa dibungkus dengan plastik atau diletakkan di toples, lalu simpan di dalam kulkas selama 30 menit.

Bukan nanas, cara mengempukkan daging pakai 1 buah ini bikin teksturnya gampang dikunyah

foto: YouTube/Guga Foods

Selesai dimarinasi selama 30 menit, daging bisa dikeluarkan dan dicuci sampai bersih di bawah air mengalir. Selanjutnya, daging bisa dikeringkan pakai tisu dapur. Pemilik akun YouTube Guga Foods akan memasak daging jadi steak, sehingga selesai dikeringkan, daging cukup ditaburi dengan bumbu seperti garam, lada, dan bawang putih bubuk.

Bukan nanas, cara mengempukkan daging pakai 1 buah ini bikin teksturnya gampang dikunyah

foto: YouTube/Guga Foods

Kalau bumbu sudah merata, daging tersebut siap dimasak sampai tingkat kematangan selera masing-masing. Setelah daging matang, pemilik akun YouTube Guga Foods lantas mencoba satu per satu sesuai bahan marinasi. Rupanya, daging yang dimarinasi pakai buah pepaya menunjukkan hasil paling memuaskan, lho.

"This one (papaya) is definately the most tender (Daging yang dimarinasi pakai pepaya paling empuk)," ungkapnya, dikutip BrilioFood dari YouTube Guga Foods pada Kamis (27/4).

Bukan nanas, cara mengempukkan daging pakai 1 buah ini bikin teksturnya gampang dikunyah

foto: YouTube/Guga Foods

Dilansir dari socratic.org, buah pepaya mengandung enzim katalis papain yang bisa memecah protein dan serat-serat daging, sehingga teksturnya jadi lebih empuk. Di samping itu, pepaya juga terbukti bisa membantu proses masak daging jadi lebih cepat matang, lho.

Nah, kalau kamu, tertarik bikin marinasi daging dari pepaya seperti ini atau bahan lainnya, nih? Mengintip kolom komentar di unggahan milik YouTube Guga Foods, banyak warganet yang antusias dengan cara empukkan daging ini, lho. Unggahan ini juga sudah ditonton lebih dari tiga juta kali.

"Green (unripe) papaya works best. Has more tenderizing properties (more enzymes) than the ripe one, and will impart almost no additional flavor to the meat (so less rinsing necessary) as green papaya is almost tasteless. Little warning - avoid prolonged contact with your fingers as your fingertips may become ever so slightly blistered (Pepaya yang masih mentah lebih bagus karena mengandung enzim atau bahan pengempuk yang lebih banyak dibanding pepaya matang. Selain itu, pepaya mentah juga tidak mengganggu rasa daging karena buah ini hampir tidak ada rasanya. Tapi hati-hati saat pakai pepaya mentah, sebaiknya jangan terlalu lama dipegang karena bisa bikin kulit sedikit melepuh)," jelas YouTube Rlk Rlk.

"Let me explain: Papaya is great as a tenderizer because it contains an enzyme called papain that breaks down peptide bonds. In turn this denatures the long strands of proteins that make up tough meat fibers in effect making them softer and easier to chew. Pineapple contains bromelain, digests protein, softening the tissues in meat. I know that papaya is the best tenderizer. Because papain is stronger in some chemical way. Now you know (Aku kasih penjelasan: pepaya ampuh bikin daging empuk karena punya enzim papain yang bisa memecah jaringan peptida. Saat diaplikasikan, sifat protein yang sebelumnya membuat serat daging keras jadi lembut dan mudah dikunyah. Sementara pepaya punya bromelain yang bisa mencerna protein dan melembutkan jaringan daging. Menurutku pepaya yang terbaik karena enzim papain punya cara kerja lebih kuat secara kimiawi. Sekarang ngerti kan," ujar YouTube Ivve.

"I love food experiments like this! Awesome and fun to watch! It makes sense that Pineapple and Papaya created tender steaks. They both contain natural powerful enzymes and are acidic. That's why they are used in skincare products. Thank you for doing these! (Aku suka dengan eksperimen makanan seperti ini! Keren dan menyenangkan! Masuk akal jika nanas dan pepaya bisa bikin steak jadi empuk. Keduanya punya enzim alami yang kuat dan bersifat asam. Itu kenapa kedua buah ini sering jadi bahan produk skincare. Makasih sudah bikin eksperimen seperti ini!)," seru YouTube LeDangerousBesh.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya