Bukan nanas, cara mengempukkan daging pakai 1 buah ini bikin teksturnya gampang dikunyah

Bukan nanas, cara mengempukkan daging pakai 1 buah ini bikin teksturnya gampang dikunyah
foto: YouTube/Guga Foods

Brilio.net - Daging hewani umum dikenal sebagai sumber protein untuk dikonsumsi sehari-hari. Salah satunya adalah daging merah, seperti daging sapi, kambing, dan lainnya. Dilansir dari nhs.uk, daging juga bisa menutrisi tubuh dengan aneka vitamin dan mineral.

Sejumlah vitamin dan mineral dari daging ini bisa bantu menyebarkan oksigen ke seluruh tubuh, menguatkan imunitas, menyehatkan kulit, sampai memperbaiki sistem saraf. Selain untuk tubuh, daging juga bermanfaat buat kesehatan mental lho, karena bisa tingkatkan hormon dopamin.

Buat yang senang masak daging, pasti familiar dengan teksturnya yang cenderung keras, apalagi jika belum tahu cara masaknya. Makanya seringkali daging harus diproses dulu sebelum dimasak supaya lebih empuk. Umumnya, daging dapat direbus, diungkep, ataupun dipresto terlebih dahulu.

Tapi, alih-alih dimasak, banyak pula yang memilih memarinasi daging dengan bahan tertentu sehingga tidak boros gas kompor. Ada bahan yang dikenal ampuh empukkan daging lho, yaitu buah nanas. Di samping itu, ada satu jenis buah lain yang disebut-sebut nggak kalah efektif bikin daging tak keras lagi.

Salah seorang warganet di akun YouTube Guga Foods membagikan pengalamannya bereksperimen pakai berbagai bahan buat jadi marinasi daging supaya empuk. Ia menggunakan pepaya, kiwi, baking powder, bawang bombay, serta madu. Lantas, yang mana sih paling efektif bikin daging jadi empuk?

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya