Bukan pakai baking soda, ini cara basmi noda kunyit di gelas blender cuma tambah 1 bahan dapur

Bukan pakai baking soda, ini cara basmi noda kunyit di gelas blender cuma tambah 1 bahan dapur
foto: YouTube/Nomaden Family

Brilio.net - Kunyit jadi salah satu jenis rempah yang sering dipakai untuk memasak. Nggak cuma buat masakan saja, namun kunyit bisa diolah jadi minuman yang menyegarkan. Selain rasanya yang khas, kunyit juga memberikan warna cerah pada makanan dan minuman. Dengan begitu, tampilannya jadi lebih menarik saat disajikan.

Sayangnya warna kuning pekat di kunyit justru menimbulkan noda, terutama di berbagai perabotan dapur yang dipakai. Iya, warnanya akan menempel kuat dan susah hilang. Nah, salah satu perabot dapur yang sering terkena noda kunyit adalah gelas blender.

Bagian gelas blender yang biasanya memiliki warna bening, setelah digunakan untuk menghaluskan kunyit justru warnanya jadi kuning. Mencucinya pun jadi butuh tenaga ekstra mengingat noda kuningnya susah hilang. Apalagi bentuk gelas blender yang cekung, bergerigi, dan bulat, jadi tambah PR, kan?

Untuk mengatasi hal tersebut, sejumlah orang sengaja merendam gelas blender dengan larutan baking soda. Setelah direndam beberapa saat, seluruh bagian gelas blender kemudian digosok sampai bersih maksimal. Karena sudah direndam larutan baking soda, seluruh noda kunyit pun jadi cepat hilang. Kalau sudah begini, tinggal bilas dan tiriskan gelas blender.

Tapi nggak perlu khawatir kalau stok baking soda sedang habis di rumah, karena ternyata ada bahan lain yang ampuh juga untuk menghilangkan noda kunyit di gelas blender. Cara ini sempat ditunjukkan oleh pengguna YouTube Nomaden Family. Di unggahan YouTubenya, ia sengaja mengganti baking soda dengan satu bahan sederhana dan satu tambahan bahan dapur lainnya. Penasaran bahan pembersih yang dipakai apa?

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya