Bukan pakai bumbu dapur, ini cara mudah merawat tanaman kemangi makin rimbun dan daunnya tak mengering

Bukan pakai bumbu dapur, ini cara mudah merawat tanaman kemangi makin rimbun dan daunnya tak mengering
YouTube/HD Wahyudi Go Green

Brilio.net - Kemangi bisa dibilang sering dijadikan lalapan. Menyantap sepiring nasi, lauk, serta lalapan kemangi pasti semakin enak dan wanginya menambah nafsu makan. Nggak melulu disajikan mentah, kemangi juga bisa dimasak dengan bahan makanan lainnya, lho. Contohnya, kemangi dicampurkan ke dalam pepes ataupun aneka tumisan.

Pada dasarnya daun kemangi bisa dibeli dengan mudah di pasar. Namun saat dijadikan stok, daun kemangi mudah sekali layu dan berubah warna kehitaman. Untuk menyiasatinya, kamu bisa mencoba untuk menanam kemangi di rumah. Dengan begitu kalau sedang butuh tinggal petik, deh.

Sama seperti tanaman lainnya, kemangi juga harus dirawat dengan baik. Salah satu perawatan yang paling mudah dilakukan adalah dengan memberikan pupuk secara rutin. Hal ini bertujuan agar tanaman kemangi bisa tumbuh subur sehingga daunnya rimbun.

Sejumlah orang biasanya sengaja memberikan pupuk yang berasal dari bumbu dapur seperti garam dan micin. Kedua bumbu dapur tersebut mengandung nitrogen, fosfor, dan kalium yang tinggi. Karena nutrisinya terpenuhi, tanaman kemangi pun tumbuh semakin subur dan daunnya rimbun.

Namun, selain memberikan pupuk, ternyata ada trik lain yang bisa kamu coba saat menanam tanaman kemangi. Cara ini sempat dijelaskan oleh pengguna YouTube HD Wahyudi Go Green di salah satu unggahan videonya. Menurutnya, cara ini ampuh untuk membuat tanaman kemangi tumbuh subur dan daun yang dikeluarkan juga berwarna hijau segar.

“Merawat kemangi agar tidak cepat tua dan hasil daunnya juga lebar-lebar nantinya”, ungkapnya, dikutip BrilioFood dari YouTube HD Wahyudi Go Green pada Minggu (2/12).

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya