Bukan pakai rempah atau bumbu dapur, begini cara cepat enyahkan kutu beras dengan 1 alat sederhana

Bukan pakai rempah atau bumbu dapur, begini cara cepat enyahkan kutu beras dengan 1 alat sederhana
foto: TikTok/@bakul_chantiq

Brilio.net - Tingginya intensitas konsumsi nasi pada masyarakat Indonesia membuat sejumlah orang gemar menyimpan beras dalam jumlah banyak. Bahkan ada yang menyimpan beras berkarung-karung sebagai stok bahan makanan di rumah. Memang, menyimpan beras dalam jumlah banyak membuat penggunanya bisa langsung mengolah beras tanpa perlu bolak-balik membelinya di pasar.

Sayangnya, menyimpan beras dalam jumlah banyak juga memiliki risiko tersendiri. Biasanya beras yang disimpan dalam waktu lama bisa dihinggapi oleh kutu. Bukan tanpa sebab, kutu memang tertarik pada tempat yang lembap dan gelap seperti tumpukan beras. Di tempat seperti itu, kutu bahkan bisa berkembang biak dan menjadi lebih banyak.

Beras yang sudah dihinggapi kutu ini bisa menurun kualitasnya karena jadi lebih kotor dan warnanya pun menguning. Tapi nggak cuma itu, beras juga lebih sulit digunakan karena kutunya harus dibuang terlebih dahulu satu per satu. Proses ini tentu sangat merepotkan karena butuh waktu lebih lama.

Padahal sebenarnya, kutu beras ini bisa dibasmi, lho. Sejumlah orang biasanya akan meletakkan rempah atau bumbu dapur di wadah penyimpanan beras. Usut punya usut, aroma dari rempah dan bumbu dapur tersebut bisa mengusir kutu beras dengan sendirinya.

Namun jika kamu merasa metode tersebut kurang ampuh, tak perlu khawatir, ada trik lain yang bisa dilakukan. Trik ini pernah dibagikan oleh pengguna TikTok @bakul_chantiq.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya