Cara ampuh hilangkan lendir ikan lele, cuma pakai 2 bahan dapur

Cara ampuh hilangkan lendir ikan lele, cuma pakai 2 bahan dapur
TikTok/neng_aisy1

Brilio.net - Siapa sih yang tidak tahu dengan menu pecel lele? Makanan khas Lamongan ini telah menjamur dan banyak dijual di pinggir jalan. Walau ada banyak lauk yang ditawarkan, namun ikan lele tetap menjadi menu utamanya.

Ikan lele sendiri memang kerap diolah menjadi aneka hidangan, tak cuma menu pecel lele. Misalnya mangut, krengsengan, dibuat crispy, disajikan bersama sambal kemangi, dan masih banyak lagi lainnya.

Sayangnya tidak sedikit juga orang kesulitan mengolah ikan lele lantaran lendir dan bau amis yang melekat. Lendirikan leleini bahkan membuat sebagian orang merasa jijik. Pasalnya, lendir ikan lele tidak bisa seketika hilang setelah dibilas dengan air biasa. Oleh karena itu perlu trik khusus saat membersihkan ikan lebih agar lendir hilang dengan sempurna.

Berdasarkan lansiranBrilioFooddari TikTok/neng_aisy1 pada Senin (18/7), diperlukan duabahan dapuruntuk dapat menghilangkan lendir ikan lele. Langkah pertama, siapkan garam dan jeruk nipis terlebih dahulu.

Cara ampuh hilangkan lendir ikan lele, cuma pakai 2 bahan dapur

foto: TikTok/neng_aisy1

Setelah itu bersihkan lele seperti biasa lalu potong sesuai kebutuhan. Kemudian masukkan lele ke wadah dan taburi dengan garam. Pastikan semua bagian lele terkena garam secara merata. Setelah itu beri perasan air jeruk nipis. Pemilik akun TikTok/neng_aisy1 menggunakan satu buah jeruk nipis.

Barulah tuang air panas hingga memenuhi wadah. Seketika lendir akan terpisah dengan sendirinya. Untuk memastikan lendir benar-benar bersih, bisa bilas kembali dengan air mengalir. Selain dapat menghilangkan lendir, trik ini juga dapat membuat bau lumpur dan amis ikan lele turut menghilang.

Cara ampuh hilangkan lendir ikan lele, cuma pakai 2 bahan dapur

foto: TikTok/neng_aisy1

Warganet TikTok pun turut menanggapi video yang sudah ditonton lebih dari lima ribu kali tersebut. Tidak sedikit yang meninggalkan komentar positif di kolom komentar.

"makasih tips nya kak ," ujar akun TikTok/@naz_zieha.

"nice tips katrimakasih ka tipsnya," kata akun TikTok/@iesnaanysha.

"mks resep nya," tulis akun TikTok/@nenden0770 dalam kolom komentar.

"terima kasih infonya," tutur akun TikTok/@sitisiregar1501.

Nah, trik membersihkan ikan lele ini bisa langsung dicoba di rumah. Kamu juga tak perlu khawatir lagi dengan lendir yang susah hilang saat hendak mengolah ikan lele.

@neng_aisy1tips cara membersihkan lendir lele @resep_debm @yuli_bambang#LazadaGetLow#menuviral#viral#fyp#fyp#kulinertiktok Are You OK? - edit_2u

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya