Cara goreng ikan agar minyak tidak meletup dan lengket di wajan

Cara goreng ikan agar minyak tidak meletup dan lengket di wajan
TikTok/@mardefff

Brilio.net - Di zaman media sosial terus berkembang seperti sekarang, semakin banyak pula warganet yang menunjukkan kebolehannya ketika memasak. Sebab, resep dan trik seputar dapur bisa diakses dengan mudah lewat internet. Apalagi, didukung pula dengan alat-alat dapur yang kian canggih.

Saat memasak, tak sedikit orang lebih tertarik membuat hidangan yang praktis dan enak. Misalnya menu goreng yang dikenal mudah dibuat, tak perlu skil mumpuni bak chef restoran bintang lima, deh. Baik itu goreng ayam, tahu, tempe, hingga aneka lauk ikan.

Tapi kalau ingin menggoreng ikan, pastikan dulu kamu lakukan dengan hati-hati, ya. Ketika menggoreng ikan, biasanya minyak akan mudah meletup, bahkan percikannya bisa keluar dari wajan dan mengenai tangan atau tubuh lainnya. Minyak panas bisa membuat kulit terluka sampai melepuh.

Nah, kini kamu nggak perlu khawatir lagi soal menggoreng ikan takut terkena cipratan minyak. Akun TikTok/@mardefff memberikan trik goreng ikan.

Pertama-tama siapkan ikan yang sudah dipotong dan dibersihkan di wadah. Kemudian beri sedikit garam lalu lumuri ke seluruh bagian ikan sampai rata. Rupanya, garam bisa membantu bikin minyak tidak meletup-letup saat menggoreng, lho.

Cara goreng ikan agar minyak tidak meletup dan lengket di wajan

foto: TikTok/@mardefff

Kemudian sembari minyak dipanaskan, masukkan sedikit potongan jahe ke dalam minyak. Nah, jahe juga bisa membantu mencegah percikan minyak ketika menggoreng ikan. Usut punya usut, jahe bisa menyerap kandungan air dari ikan saat digoreng.

Cara goreng ikan agar minyak tidak meletup dan lengket di wajan

foto: TikTok/@mardefff

Biar hasil yang lebih memuaskan, taburi sedikit tepung terigu ke dalam minyak. Selain bantu mencegah minyak meletup, tepung juga membantu biar ikan tak mudah lengket di wajan. Di sisi lain, kamu juga bisa pakai wajan khusus antilengket untuk menggoreng.

Cara goreng ikan agar minyak tidak meletup dan lengket di wajan

foto: TikTok/@mardefff

Video yang sudah mendapat like lebih dari seribu pengguna TikTok ini pun menuai beberapa antusias, lho. Bahkan, ada pula yang memberi trik lainnya biar menggoreng ikan lebih aman.

"pakai bawang merah jg bisa meredam cipratan minyak dan g lengket di wajan," jelas akun TikTok/@Anna Novindah dilansir BrilioFood dari TikTok/@mardefff pada Selasa (5/7).

"pakai tepung aj juga bisa," pungkas TikTok/@#/_kharisma_#.

"maaf bunda gak pake perasan jeruk nipis yaa biar gak amis ikannya ," komentar akun TikTok/@Saffana2828.

"tq infonua," tulis akun TikTok/@Titik Subekti.

"banyak jg kmu masaknya," ujar pengguna TikTok/@user3334114747705.

embed video:

@mardefff Tips goreng Ikan agar minyak tidak meletus #tips #ikangoreng #resep #kulinertiktok #samasamabelajar #voiceeffects The Show - Lenka

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya