Cara jitu goreng cabai agar tidak meletus, mudah ditiru

25 / 06 / 2022 14:31 WIB Annathiqotul Laduniyah
Cara jitu goreng cabai agar tidak meletus, mudah ditiru
TikTok/@misshanaid

Brilio.net - Sebagai penikmat makanan pedas, cabai seolah jadi bahan makanan yang wajib ditambahkan dalam setiap masakan. Cabai pun dapat diolah menjadi aneka sambal yang pedasnya nampol abis. Setelah jadi, sambal bisa disantap bersama nasi hangat, lauk pauk, dan sayur.

Sambal bisa dibuat dengan beragam teknik. Namun sebagian besar sambal dimasak dengan cara digoreng. Bahan-bahan sambal, terutama cabai perlu digoreng untuk mendapatkan rasa pedas yang enak dan tidak bau langu.

Sayangnya, cabai yang dipanaskan dengan cara digoreng bisa meletus karena suhu udara di dalamnya akan menekan kulit cabai. Selain itu, air bekas mencuci cabai juga dapat menimbulkan cipratan minyak dan berpotensi membuat cabai meletus.

Sederet alasan tersebut membuat beberapa orang memilihenggan menggoreng cabai. Jika cabai yang digoreng meletus, percikan minyak bisa keluar dari wajan. Bahkan lebih parahnya dapat menimbulkan luka bakar, mengenai bagian tubuh seperti lengan hingga wajah. Bagian kulit yang terkena percikan minyak panas pun bisa terasa perih atau membengkak.

Padahal tidak selamanya menggoreng cabai itu sulit, lho. Ketika kamu sudah tahu trik goreng cabai dengan benar, bahan makanan pedas ini bisa matang sempurna dengan tanpa meletus.

Cara jitu goreng cabai agar tidak meletus, mudah ditiru

foto: TikTok/@misshanaid

Akun TikTok/@misshanaid baru-baru ini memberikan trik simpel bagiamana cara menggoreng cabai dengan tepat. Cabai yang hendak digoreng, cukup dipotong-potong terlebih dahulu. Sebab, cabai utuh memiliki kandungan udara di dalamnya. Udara ini kemudian akan menguap ketika terkena minyak panas.

Setelah itu iris cabai menjadi dua atau tiga bagian. Teknik ini bisa mencegah udara panas terperangkap di dalam bagian cabai.Kalau sudah, tinggal goreng cabai menggunakan minyak yang telah dipanaskan.

Cara jitu goreng cabai agar tidak meletus, mudah ditiru

foto: TikTok/@misshanaid

Kemudian jika hendak diolah menjadi sambal, cukup potong cabai dengan ukuran yang cukup besar. Supaya lebih sedap dan teksturnya tidak terlalu halus saat diulek bersama dengan bahan lainnya.

Video yang dibagikan oleh akun @misshanaid pun mendapat respons baik dari warganet. Beberapa di antara menilai cara menggoreng cabai ini simpel, jitu, dan mudah ditiru.

"bole resepnya ya mba," komentar akun TikTok/@rianatermas, dikutip BrilioFood dari TikTok/@misshanaid pada Sabtu (25/6).

"keren bu guru," tulis akun TikTok/@athixmaeimam.

Setelah mengetahui cara menggoreng cabai yang benar, membuat sambal dan masakan pedas lainnya jadi lebih mudah, kan? Nggak ada lagi alasan takut kena percikan minyak ketika menggoreng cabai, nih.

@misshanaid

Bismillah..... Adakah yang mau Resep nya ?

DJ Amelia Sakitinya Tutu Remix Terbaru -

(brl/lut)

Video

Selengkapnya

Tumis Timun Pedas

  • Soto Mi

    Soto Mi

  • Mie Aceh

    Mie Aceh

  • Lotek

    Lotek

Review

Selengkapnya