Cara jitu mengupas kulit nanas tanpa pisau, cepat dan mudah ditiru

02 / 08 / 2022 21:02 WIB Shahfara Raida
Cara jitu mengupas kulit nanas tanpa pisau, cepat dan mudah ditiru
TikTok/@dilajamalia

Brilio.net - Mengonsumsi buah sangat bermanfaat jika rutin setiap hari. Karena buah punya banyak sekali manfaat seperti vitamin, mineral, serat, antioksidan, dan lain sebagainya. Ada begitu banyak pilihan buah yang bisa kamu santap.

Sebut saja salah satunya ada nanas. Buah nanas cukup populer di kalangan masyarakat. Nggak heran, sebab buah nanas punya rasa manis, segar, kaya air, serta khasiatnya tinggi. Dilansir dari webmd.com, buah nanas kaya vitamin C, mangan, vitamin B6, asam folat, dan lain-lain.

Sayangnya beberapa orang memilih menghidari buah nanas karena bisa menyebabkan lidah dan mulut terasa gatal. Dilansir dari worldofbuzz.com, hal ini normal karena buah nanas memiliki enzim bromelain. Nemun demikin, kamu sebenarnya tidak perlu khawatir dengan rasa gatal ini, lho. Setelah beberapa menit, air liur dan asam lambung akan menetralkannya.

Di sisi lain, bukan hanya karena rasa gatal saat dikonsumsi, banyak pula yang menghindari buah nanas karena kulitnya sulit dikupas. Pasalnya, buah nanas memang punya kulit bertekstur mirip duri, beda dengan jenis buah lain yang kulitnya mulus dan tipis.

Padahal, ada cara lain supaya kamu bisa melahap nanas tanpa perlu mengupas kulitnya dengan pisau, lho.

"Cara buka nenas tanpa pisau!" tulis salah seorang wanita asal Malaysia di TikTok/@dilajamalia, dilansir BrilioFood pada Selasa (2/8).

Wanita bernama Dila Jamalia yang sudah memiliki lebih dari satu ratusan ribu followers di TikTok ini tak perlu pisau sama sekali untuk membuka buah nanas. Trik yang ia lakukan cukup mudah bisa banget kalau kamu mau mencoba di rumah.

Semula, ia lepaskan terlebih dahulu daun atau jambul yang ada di bagian atas buah nanas. Caranya cukup putar daun dan buah berlawanan arah sambil ditarik hingga terlepas menggunakan tangan.

Cara jitu mengupas kulit nanas tanpa pisau, cepat dan mudah ditiru

foto: TikTok/@dilajamalia

Setelah itu, Dila Jamalia menghentak-hentakkan bagian bawah buah nanas sampai 10 kali di atas meja. Ia pun berhati-hati saat menghentakkan dengan kedua tangannya biar nanas tak jatuh maupun mengenai benda lain. Langkah selanjutnya adalah menggulingkan nanas dalam posisi miring sampai kulitnya terasa renggang.

Cara jitu mengupas kulit nanas tanpa pisau, cepat dan mudah ditiru

foto: TikTok/@dilajamalia

Pemilik akun TikTok/@dilajamalia ini pun memilih salah satu kulit duri nanas. Kemudian ia tarik kulit tersebut secara perlahan sampai potongan buah nanas keluar. Ekspresi Dila Jamalia pun terlihat begitu terkejut tak menyangka ternyata cara tersebut berhasil ia lakukan. Ia pun langsung menggigit potongan buah nanas, deh.

Cara jitu mengupas kulit nanas tanpa pisau, cepat dan mudah ditiru

foto: TikTok/@dilajamalia

Video yang telah ia bagikan sudah ditonton lebih dari enam ratus ribu kali dan disukai ribuan akun ini pun mendapatkan perhatian warganet.

"bgusnya..bru thu," ungkap akun TikTok/@mizazu.

"alaaa craving (lapar) pulak hmmm," tulis akun TikTok/@mira.

"klau nenas yg baru petik tak jdi, buah tu still padat & ketat klau yg dah 2 3 hari boleh try (kalau nanas yang baru dipetik tidak bisa karena masih padat dan keras, kalau 2 sampai 3 hari bisa dicoba)," jelas akun TikTok/@.

@dilajamalia Pineapple from IG fionanas.official #tiktokhack original sound - MrCoco

(brl/lut)

Video

Selengkapnya

Siomay Bandung

  • Mochi Gulung

    Mochi Gulung

  • Sawi Putih Crispy Asam Manis

    Sawi Putih Crispy Asam Manis

  • Spaghetti Brulee Sambal Ijo

    Spaghetti Brulee Sambal Ijo

Review

Selengkapnya