Cara jitu menyimpan daging kurban di kulkas agar tak berubah rasa dan awet berbulan-bulan

Cara jitu menyimpan daging kurban di kulkas agar tak berubah rasa dan awet berbulan-bulan
Mudah dipraktikkan di rumah |

Semula, daging sapi tak perlu dicuci sebelum disimpan. Jika ada kotoran, sebaiknya cukup dihilangkan pakai tisu maupun dipotong sedikit di bagian daging yang kotor. Kemudian, daging bisa dipotong-potong sesuai kebutuhan.

"Nggak usah dicuci biar teksturnya nggak berubah, karena kalau udah terkena air, khawatirnya bisa busuk dan ada bakterinya," jelas pemilik akun YouTube BISNIS IBU RUMAH TANGGA, dikutip BrilioFood pada Jumat (30/6).

Setelah itu, daging bisa dipindahkan ke dalam plastik bening. Ia pun menjelaskan, tak perlu pakai plastik khusus daging atau ziplock, cukup pakai kresek plastik biasa yang berwarna bening sudah bisa membantu proses penyimpanan daging kurban tetap aman. Nah, pastikan daging disimpan sesuai porsi, bukan sekaligus dalam satu plastik.

Misalnya, stok daging yang kamu miliki sebanyak 3 kilogram. Maka, kamu bisa memisahkannya ke tiga kresek plastik masing-masing 1 kilogram. Sebelum diikat, tekan-tekan dulu daging agar udara di dalam plastik keluar semua. Jika sudah, baru ikat simpul plastiknya sampai benar-benar rapat.

Cara jitu menyimpan daging kurban di kulkas agar tak berubah rasa dan awet berbulan-bulan

foto: YouTube/BISNIS IBU RUMAH TANGGA

Saat semua daging sudah dikemas dan siap disimpan, pemilik akun YouTube BISNIS IBU RUMAH TANGGA juga menjelaskan, jangan langsung menyimpannya ke freezer. Melainkan, letakkan dulu daging di chiller kulkas agar dinginnya bisa merata dan kualitas daging tetap bagus. Setelah beberapa jam, baru pindahkan daging ke freezer.

"Biarin aja (di chiller kulkas) sekitar 10-12 jam," ujar YouTube BISNIS IBU RUMAH TANGGA.

Cara jitu menyimpan daging kurban di kulkas agar tak berubah rasa dan awet berbulan-bulan

foto: YouTube/BISNIS IBU RUMAH TANGGA

Dijamin, cara menyimpan daging ini membuatnya tetap awet seperti semula selama berbulan-bulan. Selanjutnya, pemilik akun YouTube BISNIS IBU RUMAH TANGGA juga menjelaskan, jika daging ingin dimasak, tinggal keluarkan daging dari freezer, lalu diamkan di suhu ruang atau direndam air suhu ruang.

"Jangan sekali-kali masih beku dagingnya kemudian kita rebus atau kita simpan di air yang panas, itu dapat merusak tekstur dagingnya, kurang empuk," imbuhnya.

Gimana, sekarang sudah nggak bingung lagi kan soal cara menyimpan daging kurban? Menilik kolom komentar di unggahan YouTube BISNIS IBU RUMAH TANGGA, tak sedikit warganet yang mengaku sangat terbantu dengan cara ini, lho. Video ini sudah sudah ditonton lebih dari 247 ribu kali.

"Terima kasih ibu utk sharingnya. Bermanfaat bgt untuk sy yg tidak makan daging, tp anak2 semua carnivore . Akhirnya sy menemukan channel ibu ini, setelah bingung dibeliin daging sama anak2 tapi gak tau cara simpannya.Sehat selalu ibu," ujar YouTube @pratiwipramuharsih2522.

"Wah sangat bermanfaat banget bu makasih ilmu nya ," puji YouTube @ffmax1481.

"Bu kalau dagingnya kotor (contoh ada tanah) itu baiknya gmn ya. Apa tetap masukkan freezer tanpa dicuci atau boleh dicuci dulu?" tanya YouTube @milna8486.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya