Cara menuang puding di cetakan plastik agar tak rusak dan tetap cantik

Cara menuang puding di cetakan plastik agar tak rusak dan tetap cantik
Pastikan adonan puding yang akan dituang sudah tidak terlalu panas |

Oleh karena itu, perlu sebuah cara khusus untuk menuang puding di cetakan plastik agar tidak rusak dan hasilnya pun tetap cantik. Nah, kamu bisa meniru trik yang dibagikan seorang penjual puding di TikTok. Melalui akun TikTok/@alinackitchen, pemilik TikTok asal Malaysia tersebut membagikan trik menuang adonan puding dengan lebih aman di cetakan plastik mika.

"Puding ni terus masuk bekas ke lepas masak. Eh, jangan korang. Rosak bekas kita nanti. Cuba cara yang ni ok (Setelah dimasak, pudingnya langsung dituang ke wadah. Eh, jangan, ya. Nanti wadahnya jadi rusak. Coba cara satu ini)," tulisnya dalam kolom caption video tersebut.

Dilansir BrilioFood pada Rabu (2/11), pastikan adonan puding yang akan dituang sudah tidak terlalu panas. Jangan tuang adonan puding sesaat setelah puding dimasak atau dalam kondisi mendidih. Hal tersebut karena suhu yang terlalu panas justru dapat merusak permukaan cetakan plastik yang digunakan.

Cara menuang puding di cetakan plastik agar tak rusak dan tetap cantik

foto: TikTok/@alinackitchen

Panasnya cukup sekitar suam-suam kuku atau lebih dingin dari itu. Namun pastikan adonan puding masih encer dan belum mengeras, sehingga akan lebih mudah dituang ke dalam cetakan plastik.

"Yee masa suam atau sejuk sikit pun ok aje. jgn tuang masa panas mendidih tu," terang TikTok/@alinackitchen lebih lanjut.

Cara menuang adonannya pun nggak boleh sembarangan. Pertama-tama, tuang adonan sedikit demi sedikit menggunakan sendok sayur. Tuang hingga dasar cetakan mulai terlapisi adonan puding dengan sempurna. Setelah itu, kamu bisa langsung menuang adonan puding secara langsung dari wadahnya.

Cara menuang puding di cetakan plastik agar tak rusak dan tetap cantik

foto: TikTok/@alinackitchen

Namun saat menuang adonan puding langsung dari wadahnya, sebaiknya gunakan sendok sayur tadi sebagai perantara. Hal ini berguna untuk meminimalisir tekanan yang dapat membuat permukaan puding jadi bergelembung. Sehingga permukaan puding tetap mulus dan cantik saat sudah set atau mengeras nantinya.

Cara menuang puding di cetakan plastik agar tak rusak dan tetap cantik

foto: TikTok/@alinackitchen

Puding yang sudah set pun bisa dihias sesuai selera. Kamu bisa meniru trik tersebut agar puding tetap cantik dan lapisan cetakan tidak rusak. Ditonton lebih dari 500 ribu kali, video milik TikTok/@alinackitchen pun telah menarik perhatian warganet TikTok lain. Bahkan di kolom komentar, ada ratusan warganet yang ikut menanggapi.

@alinackitchen Ramai tanya Kak Ain. Puding ni terus masuk bekas ke lepas masak. Eh, jangan korang. Rosak bekas kita nanti. Cuba cara yang ni ok #Tipspuding Always Loving You (Breakbeat) - DJ Lunox

"Alhamdulillah. bertuah rasa badan dpt kenal sahabat berhati mulia spt puan..x pnah lokek ko1ngsi ilmu," sahut TikTok/@mamasue9754.

"Sedappp," ungkap TikTok/@nazilahyusof.

"Terima kasih sis share ilmu," kata TikTok/@pikacomel94.

"Wow sedapnya," papar TikTok/@mieza49.

"Terima kasih atas ilmunya nampak je benda kecil, tapi saya belajar sesuatu.Saya pun tak tahu teknik ni sebelum ni," ujar TikTok/@rekha129429.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya