Cara praktis cuci lap dapur tanpa dikucek dan disikat, cukup pakai 3 bahan bisa ampuh basmi bau tengik

Cara praktis cuci lap dapur tanpa dikucek dan disikat, cukup pakai 3 bahan bisa ampuh basmi bau tengik
YouTube/PT Klinko Karya Imaji

Brilio.net - Proses memasak seringkali membuat dapur jadi berantakan dan kotor. Mulai dari noda minyak, sisa masakan, atau bekas bahan makanan bisa berserakan di mana-mana. Tak hanya di bagian kompor, tapi lantai, dinding, hingga meja dapur juga jadi kotor karena noda-noda tersebut.

Untuk membersihkan noda saat masak, sebagian besar orang biasanya akan mengandalkan lap dapur. Lap ini berupa kain tipis yang memang dibuat untuk membersihkan bekas masakan dan sisa makanan yang tumpah. Selain menggunakan lap dapur khusus, ada juga yang memilih menggunakan kain bekas untuk mengelap berbagai kotoran di dapur.

Selain untuk membersihkan noda dan kotoran, lap dapur juga berfungsi untuk mengelap permukaan yang basah, lho. Hal ini membuat lap jadi lembap dan rentan berjamur. Kondisi lap dapur yang lembap dan bercampur dengan noda membuatnya jadi apek dan tengik. Bahkan tampilan lap yang sebelumnya putih bersih bisa jadi kusam dan hitam.

Meskipun begitu, masih banyak orang yang abai dengan kebersihan lap dapur ini, nih. Bahkan tak jarang, lap dapur dibiarkan kotor dan bau dalam waktu lama. Alhasil, tampilan lap semakin dekil dan bau tengiknya kian menyengat. Jika dipakai untuk membersihkan permukaan dapur, justru bisa bikin permukaan dapur jadi bau juga.

Kondisi lap dapur yang sudah terlanjur bau dan dekil memang jadi semakin sulit dibersihkan. Sekalipun dikucek dan disikat kuat dengan detergen, bau dan nodanya tidak bisa serta-merta hilang karena sudah terlanjur membandel. Oleh sebab itu, kamu perlu cara lain untuk mencuci lap dapur.

Beruntungnya, seorang pengguna YouTube PT Klinko Karya Imaji pernah membagikan tutorial sederhana dalam mencuci lap dapur. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku menggunakan bahan-bahan khusus untuk mencuci lap dapur ini. Dengan bahan khusus tersebut, noda kusam dan bau tengiknya bisa hilang walau tanpa dikucek atau disikat.


(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya