Cuma pakai sabun cuci piring, begini trik membersihkan kerak teh membandel pada gelas

Cuma pakai sabun cuci piring, begini trik membersihkan kerak teh membandel pada gelas
YouTube/Wafi khansa Kreatif

Brilio.net - Gelas berguna untuk wadah minum. Tak hanya air putih, namun teh, kopi, dan minuman lain bisa ditampung dalam gelas.

Ada berbagai macam jenis gelas yang dijual di pasaran, salah satunya adalah gelas keramik. Gelas jenis ini punya bentuk kokoh dan bisa digunakan untuk menampung minuman panas ataupun dingin. Selain itu, gelas keramik juga biasanya didesain dengan gambar dan bentuk yang menarik.

Namun sayangnya, jika terkena noda, gelas keramik ini bisa tampak langsung kusam, lho. Salah satu noda yang kerap membandel berasal dari teh. Teh pada dasarnya mengandung zat tanin (yang memberi warna cokelat). Nah, zat ini bisa menempel dan membuat permukaan gelas keramik jadi kusam.

Saat gelas tersebut semakin sering dipakai untuk wadah teh, maka nodanya bisa semakin menumpuk. Alhasil, noda tersebut bisa berubah menjadi kerak yang semakin sulit dibersihkan. Padahal kerak teh ini tentu sangat mengganggu penampilan.

Masalah kerak teh di gelas ini kerap dialami banyak orang. Salah satunya adalah pengguna YouTube Wafi khansa Kreatif. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengungkapkan keluhannya saat membersihkan noda teh ini.

Cuma pakai sabun cuci piring, begini trik membersihkan kerak teh membandel pada gelas

foto: YouTube/Wafi khansa Kreatif

"Noda bekas teh yang menempel pada gelas keramik biasanya kalau hanya dicuci dengan menggunakan sabun cuci piring Itu tidak akan bersih atau nodanya tidak akan hilang," ujar Wafi, dikutip BrilioFood dari YouTube Wafi khansa Kreatif pada Rabu (19/7).

Umumnya, noda ini hanya bisa hilang hanya dengan bahan-bahan khusus, misalnya baking soda, cuka, atau air panas. Sejumlah bahan tersebut dianggap mampu melunakkan kerak. Sehingga noda teh bisa dibersihkan dengan mudah.

Namun alih-alih menggunakan bahan-bahan tersebut, Wafi justru memilih memakai bahan lain yang lebih praktis, lho.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya