Hasil panen ubi dan daun bawang raksasa ini ukurannya bikin takjub

Hasil panen ubi dan daun bawang raksasa ini ukurannya bikin takjub
Hasil panen di wilayah ini memang dikenal berukuran jumbo. |

Tidak hanya itu, hasil panen daun bawangnya pun tak kalah mengejutkan. Daun bawang yang dipanen di daerah yang sama memiliki ukuran yang sangat panjang bahkan menyerupai tinggi manusia. Padahal, rata-rata tinggi orang Shandong dewasa bisa mencapai 175 cm untuk pria dan 163 cm untuk wanita.

Hasil panen ubi dan daun bawang raksasa ini ukurannya bikin takjub

foto: weibo.com via scmp.com

Provinsi Shandong sendiri memang dikenal sebagai pengekspor pertanian terbesar dan terkenal. Hal ini karena daerah tersebut memiliki hasil pertanian yang berukuran besar demi memenuhi kebutuhan penduduknya yang umumnya bertubuh tinggi dan besar. Walaupun begitu, fakta penemuan ubi jalar dan daun bawang raksasa tersebut tetap membuat Huan sebagai orang Shandong sangat terkejut.

"Kami orang Shandong sering melihat sesuatu yang relatif lebih besar. Daun bawang di sini lebih tinggi, dan semuanya lebih besar. Tapi saya belum pernah melihat sesuatu sebesar ubi itu," kata Huan.

Dalam menanggapi hal tersebut, seorang peneliti di Akademi Ilmu Pertanian Shandong bernama Gao Ling mengungkapkan bahwa hasil produk pertanian lain di daerah tersebut juga relatif besar. Produk tersebut termasuk apel dan lobak. Rupanya ada faktor di balik hasil pertanian tersebut. Salah satunya karena suhu dan iklim di wilayah tersebut.

Sementara belum ada kejelasan pasti mengenai asal usul ubi jalar dan daun bawang yang berukuran sebesar itu. Entah produk tersebut berasal dari modifikasi secara genetik, jenis pupuk yang berbeda, atau bahan kimia yang digunakan dalam produksinya.

Hasil panen ubi dan daun bawang raksasa ini ukurannya bikin takjub

foto: weibo.com via scmp.com

Di sisi lain, Wang Saishi, sebagai spesialis dalam budaya makanan di Akademi Ilmu Sosial Shandong, mengatakan bahwa produk berukuran besar memang telah lama jadi ciri buah dan sayuran yang ditanam di Shandong. Hal ini karena ukuran tubuh mereka yang lebih besar dari orang-orang pada umumnya.

"Orang Shandong lebih tinggi, lebih besar, dan lebih kuat. Mereka makannya relatif lebih banyak, sehingga orang akan lebih memilih porsi makanan yang besar dan hidangan yang disajikan juga cenderung lebih besar," kata Wang Saishi.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya