Intip menu di gala dinner KTT G20, sajian mewah Bhinneka Tunggal Ika

Intip menu di gala dinner KTT G20, sajian mewah Bhinneka Tunggal Ika
Terlihat Mewah Sekali~ |

Dikutip BrilioFood dari akun Instagram/@williamwongso pada Rabu (16/11),uniknya, menu makan malam yang dibuat pun tak lepas dari kolaborasi kuliner Nusantara. Di antara menu pembukanya terdapat salad buah dengan saus rujak khas Bali dan bakwan jagung Manado. Menu tersebut disajikan sebagai menu vegetarian dan nonvegetarian.

Intip menu di gala dinner KTT G20, sajian mewah Bhinneka Tunggal Ika

foto: Instagram/@williamwongso

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno dalam wawancara dengan media menyatakan hidangan di gala dinner KTT G20 ini diversity in one (keragaman dalam satu), untuk memperlihatkan Bhinneka Tunggal Ika.

Nah, untuk menu utama, terdapat wagyu tenderloin Lampung dengan saus rendang menjadi hidangan nonvegetarian. Kemudian ada nangka saus rendang sebagai menu vegetarian. Hidangan utama ini semakin lengkap dengan adanya kentang dan singkong kukus yang ditumbuk lalu dihias dengan asparagus saus kunyit Bali. Ada juga tempe quinoa dan bubur terong balado.

Dessert atau menu penutup pun tak kalah menggugah selera. Di deretan menu tersebut, tampak hidangan penutup yang disajikan berupa chocolate mousse Aceh serta beras ketan hitam dengan topping parutan kelapa dan saus coulis mangga.

Intip menu di gala dinner KTT G20, sajian mewah Bhinneka Tunggal Ika

foto: Instagram/@arnoldpo

Dibantu dengan sederet chef ternama seperti chef Arnold, William Wongso merancang menu tersebut dengan sentuhan internasional. Misalnya mousse cokelat Aceh yang merujuk pada dessert khas Prancis, namun cokelat yang digunakan adalah produk yang berasal dari Aceh. Hal ini tentu agar para tamu bisa menikmati sajian menu tersebut.

William Wongso sendiri dikenal sebagai pakar kuliner Indonesia yang menguasai seni masakan Eropa dan Asia. Chef satu ini juga kerap mengenalkan berbagai masakan khas Nusantara ke level mancanegara. Tak heran jika kemudian dia pun dipilih sebagai perancang menu pada acara penting, KTT G20 di Bali tahun ini.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya