Jangan sampai salah, ini cara bersihkan rice cooker biar makin awet

10 / 08 / 2022 22:01 WIB Annathiqotul Laduniyah
Jangan sampai salah, ini cara bersihkan rice cooker biar makin awet
foto: TikTok/@myversionofzen

Brilio.net - Rice cooker jadi salah satu alat elektronik rumah tangga yang kerap diandalkan untuk menanak nasi. Awalnya, rice cooker memang diciptakan sebagai alat penanak nasi otomatis. Namun kini rice cooker memiliki beragam fungsi lain. Mulai dari memasak makanan, hingga menghangatkan nasi sekaligus lauknya.

Penggunaannya yang terlalu sering berpotensi membuat rice cooker cenderung kotor karena serpihan nasi yang menempel. Selain itu, noda dari sisa makanan yang susah dibersihkan juga bikin rice cooker cepat kotor. Bahkan tidak sedikit juga rice cooker yang mengeluarkan bau karena lama tidak dibersihkan.

Padahal, kebersihan rice cooker bisa memengaruhi performa mesinnya. Sehingga rice cooker tidak bisa bekerja dengan optimal dan berpotensi mudah mengalami kerusakan. Tidak hanya itu, rice cooker yang kotor juga dapat memengaruhi kelezatan nasi yang dimasak, lho.

Meski begitu, tidak sedikit pengguna rice cookeryang masih bingung bagaimana cara membersihkannya dengan benar. Hal ini karena bagian dalam rice cooker yang langsung bersinggungan dengan mesin, sehingga lebih rentan ketika dibersihkan secara sembarangan.

Nah, untuk mengetahuinya lebih lanjut, kamu bisa menyimak tutorial dari salah satu pengguna TikTok yang memberitahu cara deep clean rice cooker. Dilansir BrilioFood pada Rabu (10/8), akun TikTok/@myversionofzen menjelaskan dan mempraktikan cara membersihkan rice cooker dengan spons dan lap kain dengan benar.

Jangan sampai salah, ini cara bersihkan rice cooker biar makin awet

foto: TikTok/@myversionofzen

Sebelum hendak dibersihkan, pastikan kabel listrik rice cooker telah dicabut. Selain itu, rice cooker juga harus dalam kondisi dingin agar lebih mudah dibersihkan dan mengurangi potensi tersengat aliran listrik ketika kabel masih dicolokkan.

Kemudian, lepas bagian tutup rice cooker. Lalu cuci seperti biasa dengan spons dan sabun di air mengalir. Sedangkan untuk bagian dalam, gunakan spons yang masih baru. Hal ini berguna untuk meminimalisir menempelnya bau tak sedap pada bagian dalam rice cooker dari spons yang sudah dipakai berulang-ulang.

Jangan sampai salah, ini cara bersihkan rice cooker biar makin awet

foto: TikTok/@myversionofzen

Kemudian semprotkan sedikit air pada spons, baru gosok-gosokkan ke bagian dalam rice cooker. Jika kotoran mulai mengelupas saat digosok, langsung lap dengan kain bersih dan kering. Ulangi proses menggosok dan mengelap tersebut hingga kotoran pada bagian dalam rice cooker benar-benar bersih.

Perlu diingat untuk cukup menyemprotkan air pada spons dan tidak langsung pada bagian rice cooker. Hal ini bertujuan supaya air tidak masuk ke dalam mesin rice cooker dan berpotensi merusak, bahkan memengaruhi performa rice cooker saat hendak digunakan nantinya.

Nah, jika sudah dipastikan rice cooker bersih dan tidak ada noda, keringkan dengan cara diangin-anginkan sebentar. Barulah kemudian rice cooker bisa digunakan kembali untuk menanak nasi atau keperluan memasak lainnya. Tidak hanya sampai di situ, pemilik video tersebut juga menjelaskan cara membersihkan rice cooker yang memiliki kotoran lebih membandel.

Jangan sampai salah, ini cara bersihkan rice cooker biar makin awet

foto: TikTok/@myversionofzen

Proses membersihkannya pun tak jauh berbeda. Hanya saja, air yang disemprotkan bisa ditambah dengan sedikit sabun supaya hasilnya lebih bersih. Kemudian, gosok bagian dalam rice cooker dengan tekanan yang lebih kuat supaya kotoran dan noda yang menempel bisa benar-benar terangkat.

Jangan sampai salah, ini cara bersihkan rice cooker biar makin awet

foto: TikTok/@myversionofzen

Sejak diunggah di TikTok, video tersebut kini sudah ditonton lebih dari 100 ribu kali. Video tersebut juga mendapat tanggapan positif dari warganet. Beberapa mengucapkan terima kasih karena mendapat ilmu baru. Tak sedikit juga yang bertanya tentang cara membersihkan bagian tutup rice cooker jika tidak bisa dilepas.

"Terimakasih kk sangat membantu," ungkap akun TikTok/@tinimarwae1.

"Ko punya ak tutupnya ga bs di copot," tanya akun TikTok/@mia_guchi.

"klo ga bisa dibuka dilap2 aja tutupnya pakai air sabun kemudian dilap2 lagi pakai lap basah biar sabunnya hilang kak. kemudian keringkan," jawab TikTok/@myversionofzen.

@myversionofzen yuk colek bestie mu yg perlu deep clean rice cooker #lifehacks #fypage #xyzbca #cleaninghacks #cleaningtips #tipsdapur #tipsbermanfaat #fyp original sound - Zen House

Gimana? Nggak ribet, kan? Kamu pun bisa langsung mempraktikannya di rumah. Pastikan untuk rutin cek kondisi rice cooker dan jika kotor, segera bersihkan biar makin awet dan tidak cepat rusak.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya

Siomay Bandung

  • Mochi Gulung

    Mochi Gulung

  • Sawi Putih Crispy Asam Manis

    Sawi Putih Crispy Asam Manis

  • Spaghetti Brulee Sambal Ijo

    Spaghetti Brulee Sambal Ijo

Review

Selengkapnya