Jarang diketahui, ini penyebab popcorn meletup-letup saat dimasak

14 / 06 / 2021 11:01 WIB Shahfara Raida
Jarang diketahui, ini penyebab popcorn meletup-letup saat dimasak
foto ilustrasi: freepik.com

Brilio.net - Penasaran nggak sih, kenapa popcorn kalau dimasak jadi meletup-letup? Dilansir Brilio Food dari berbagai sumber pada Senin (14/6), popcorn terbuat dari biji jagung khusus bernama Zea Mays. Biji jagung khusus popcorn ini memiliki lapisan kulit yang lebih kokoh dibandingkan dengan biji jagung pada umumnya.

Kulit inilah yang bisa menyerap dan menahan panas, sehingga kandungan air di dalamnya akan berubah menjadi uap dan menekan kulit biji jagung hingga meletup. Makanya, biji jagung khusus untuk membuat popcorn ini akan meletup-letup saat dimasak.

Bahkan, popcorn akan memantul ke arah yang tak beraturan. Hal ini menyebabkan biji jagung berubah bentuk menjadi lebih besar dan empuk yang biasa kita santap sebagai popcorn.

Popcorn selalu meletup-letup saat dimasak  freepik.com

foto: freepik.com

Biji jagung Zea Mays ini warnanya kuning seperti biji jagung lainnya. Namun, setelah dimasak menjadi popcorn, warnanya akan berubah menjadi putih. Selain itu, biji jagung juga nggak semuanya berhasil menjadi popcorn, lho. Terkadang, ada sejumlah biji jagung yang nggak bisa meletup saat dimasak. Kok bisa, ya?

Hal ini bisa terjadi karena kulit biji jagung yang sudah rusak. Kerusakan pada biji jagung biasanya ditandai dengan adanya lubang kecil pada kulitnya, sehingga tidak dapat menampung panas dengan baik.

Jadi, jika sudah rusak, biji jagung tidak bisa meletup dan berubah menjadi popcorn yang empuk. Di samping itu, sedikitnya jumlah air pada biji jagung juga bisa menyebabkan popcorn gagal meletup.

Popcorn selalu meletup-letup saat dimasak  freepik.com

foto: freepik.com

Jika air di dalam biji jagung sedikit, uap yang dihasilkan pun akan sedikit juga. Sehingga terkadang kurang mampu untuk menekan kulit kokohnya untuk dapat meletup menjadi popcorn. Kurangnya suhu panas juga bisa berpengaruh, lho.

Makanya, untuk memasak popcorn, panci atau wajannya harus ditutup, selain agar popcorn tidak berhamburan ke mana-mana, dengan menutupnya juga bisa membantu biji jagung meletup sempurna.

Kemudian, tahukah kamu kalau popcorn adalah camilan yang sehat? Opini ini dibenarkan oleh sebuah penelitian pada sebuah jurnal yang dipublikasi oleh American Chemical Society.

Dilansir dari liputan6.com, popcorn kaya akan nutrisi, seperti polifenol yang bahkan lebih tinggi dibandingkan polifenol pada jagung manis. Polifenol ini tinggi akan antioksidan yang bisa melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya

Ayam Budu Budu

  • Kue Sus

    Kue Sus

  • Bistik Selat Solo

    Bistik Selat Solo

  • Ayam Saus Inggris

    Ayam Saus Inggris

Review

Selengkapnya