Kenapa susu bagus untuk kesehatan tulang? Ini penjelasannya

Kenapa susu bagus untuk kesehatan tulang? Ini penjelasannya
foto HL: freepick.com

Brilio.net - Sejak kecil kebanyakan orang dianjurkan untuk meminum susu karena dianggap baik untuk kesehatan, terutama agar tulang menjadi kuat. Hal ini disebabkan oleh kandungan kalsium yang terkandung pada susu sebagai minuman tulang kita.

Seperti dilansir brilio.net dari healthline.com pada Selasa (13/4), susu memang direkomendasikan untuk diminum setiap hari karena susu merupakan sumber kalsium terbaik untuk kesehatan tulang. Jika tulang kekurangan kalsium, tulang akan melemah atau bahkan dapat lebih mudah patah.

Kenapa susu bagus untuk kesehatan tulang? Ini penjelasannya

foto: freepik.com

Ada mitos yang beredar jika kandungan protein pada susu dapat menyebabkan penyakit osteoporosis atau pengeroposan tulang. Padahal, kandungan protein pada susu itu baik untuk tubuh dan bahkan menyehatkan tulang.

Selain itu, susu tak hanya memiliki kalsium dan protein, kandungan fosfor dan vitamin K2 pada susu seperti susu sapi juga sangat baik dan dibutuhkan oleh tulang agar lebih sehat dan kuat.

Lain halnya dengan produk-produk olahan susu seperti krim, es krim, dan coklat. Dilansir dari liputan6.com, walaupun terbuat dari susu, namun nutrisi yang terkandung pada produk olahan susu tersebut relatif rendah sehingga tak akan berpengaruh banyak untuk kesehatan tulang.

Kenapa susu bagus untuk kesehatan tulang? Ini penjelasannya

foto: freepik.com

Meminum susu baik untuk semua usia. Pada anak-anak, kalsium pada susu dapat meningkatkan pertumbuhan tulang. Kemudian pada orang dewasa, meminum susu dapat memperlambat pengeroposan tulang.

Sementara untuk lansia, susu dapat menjadi suplemen kalsium yang baik untuk tulang agar dapat menurunkan risiko patah tulang dan membuat tulang tetap kuat.

Kalsium untuk kesehatan tulang memang paling baik didapat dari susu. Namun, ternyata kalsium yang baik juga bisa kita dapatkan dari makanan, lho. Contohnya pada sayuran hijau seperti sawi, brokoli, edamame, dan sayuran lainnya, juga ikan laut seperti salmon, sarden, dan masih banyak lagi.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya