Mudah dipraktikkan, ini cara merebus daun salam agar tetap berkhasiat turunkan kolesterol

Mudah dipraktikkan, ini cara merebus daun salam agar tetap berkhasiat turunkan kolesterol
Kriteria daun salam yang dipakai |

"Studi yang berjudul pengaruh daun salam terhadap penurunan kadar kolesterol pada penderita hipertensi di wilayah Puskesmas Raja Basa Indah Kota Bandar Lampung. Studi tersebut menyimpulkan bahwa ada pengaruh daun salam terhadap penurunan kadar kolesterol pada penderita hipertensi di wilayah kerja Puskesmas Raja Basa Indah Kota Bandar Lampung. Lalu studi yang berikutnya berjudul efektivitas pemberian ekstrak daun salam dibandingkan obat statin dalam penurunan kadar kolesterol total pada penderita hiperkolesterol di wilayah kerja UPTD Puskesmas Kerinci Kanan, memberikan kesimpulan bahwa kadar kolesterol total pada penderita hiperkolesterol sesudah dilakukan pemberian ekstrak daun salam mengalami penurunan secara drastis terhadap kadar kolesterol," jelasnya dikutip BrilioFood dari YouTube Dokter Fery TV, Sabtu (18/2).

Dari dua penelitian yang sudah disebutkan, rupanya daun salam memang benar-benar terbukti bisa menurunkan kadar kolesterol tinggi, ya? Dua penelitian tersebut pun menyebutkan bentuk daun salam yang dikonsumsi pun berbeda, yakni daun salam segar maupun yang sudah diekstrak, tapi dua-duanya tetap efektif untuk mengatasi kolesterol.

"Jadi memang ekstrak daun salam maupun pemberian daun salam dapat berfungsi untuk menurunkan kolesterol dalam darah," tegas Fery.

Di unggahan tersebut, Fery juga menjelaskan sejumlah cara merebus daun salam yang menurutnya bagus untuk kesehatan. Pertama, 20 lembar daun salam direbus terlebih dahulu di 500 ml air sampai mendidih dan airnya hanya tersisa setengah bagian. Kemudian, api bisa dimatikan, saring daun salam, dan ambil air rebusannya. Air rebusan tersebut kemudian bisa dikonsumsi bersama gula batu.

Mudah dipraktikkan, ini cara merebus daun salam agar tetap berkhasiat turunkan kolesterol

foto: YouTube/Dokter Fery TV

Cara lain untuk merebus daun salam juga sempat dibagikan oleh warganet lain di akun YouTube Mami Jawa. Wanita ini pun percaya jika air rebusan daun salam yang diolah seperti ini bisa ampuh sembuhkan penyakit jika diminum tiga sampai empat kali dalam seminggu.

Selain daun salam, siapkan pula kayu beberapa batang kayu manis yang sudah dicuci. Kedua bahan ini kemudian direbus di atas api kecil selama 15 menit. Setelah itu, matikan api dan tutup pancinya sampai air rebusannya agak dingin. Air rebusan daun salam ini lantas bisa dikonsumsi bersama madu maupun tanpa bahan pemanis sama sekali.

Mudah dipraktikkan, ini cara merebus daun salam agar tetap berkhasiat turunkan kolesterol

foto: YouTube/Mami Jawa

Mudah dipraktikkan, ini cara merebus daun salam agar tetap berkhasiat turunkan kolesterol

foto: YouTube/Mami Jawa

Gimana, sekarang sudah tahu kan cara merebus daun salam agar khasiatnya bisa diserap tubuh dan baik untuk kesehatan? Mengintip kolom komentar pada unggahan di akun YouTube Dokter Fery TV maupun Mami Jawa, tak sedikit warganet yang merasa terbantu dengan tutorial seputar merebus daun salam ini, lho. Kedua unggahan ini juga sudah ditonton hingga 14 dan 15 ribu kali.

"Trimakasih Dok ," ujar YouTube Vanesa Gradiola.

"Klw utk menurunkan asam urat tinggi dan kreatinin tinggi apa ya Dok? Bunga Rosella bisa?" tanya YouTube Sai JB.

"Selamat pagi dokter. Merebus daun salam pancinya apa harus di tutup, pancinya apa boleh pakai yg stainless dan diminum tidak pakai gula batu bgmn?. Trims dokter," imbuh YouTube ina.

"Hati2 jangan ditebus dg kayu manis klo tidak punya gula darah yg tinggi ..bisa drop n pingsan," jelas YouTube Sanlub0707.

"Kalau darah rendah bisa pakai rebusan daun salam di tambah garam. Ini kata Ahli Gizi," cetus YouTube Arianti Channel.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya