Pakai 1 bahan dapur, ini trik merawat tanaman kunyit agar menghasilkan banyak rimpang saat panen

Pakai 1 bahan dapur, ini trik merawat tanaman kunyit agar menghasilkan banyak rimpang saat panen
foto: YouTube/tanaman rumah

Brilio.net - Bagi orang yang gemar memasak, menggunakan aneka macam rempah tentu sudah menjadi hal yang lumrah. Rempah memang dapat membuat masakan jadi sedap enak dan sedap, terlebih karena aromanya yang cukup kuat. Di antara banyak jenis rempah, kunyit jadi salah satu rempah yang paling sering dipakai saat memasak.

Kunyit termasuk rempah jenis rimpang yang memiliki bau khas. Sedangkan rasanya cenderung agak pahit dan getir. Namun jika dicampur dalam masakan, rasa pahitnya akan memudar dan digantikan dengan aroma sedap.

Saat hendak menggunakan rempah kunyit, kamu sebenarnya bisa membelinya di pasar. Namun selain itu, kamu juga dapat menanamnya sendiri di rumah, lho. Kunyit termasuk tanaman rimpang yang tidak membutuhkan lahan luas untuk tumbuh. Bahkan banyak orang menanamnya di pot atau polybag karena lahan yang terbatas. Walaupun begitu, tanaman kunyit bisa tumbuh subur.

Namun seperti berkebun pada umumnya, tanaman kunyit tentu perlu perawatan khusus agar bisa tumbuh maksimal. Pasalnya, banyak orang yang menanam kunyit namun rimpang yang dihasilkan justru sedikit atau bahkan tidak tumbuh sama sekali. Padahal jika dilihat dari atas (daunnya), terkadang tanaman ini menumbuhkan daun yang hijau, subur, dan besar.

Memang, daun yang subur tidak menandakan bahwa rimpang di bawah tanahnya juga tumbuh dengan lebat. Oleh sebab itu, perawatan tetap harus dilakukan dengan baik. Beruntungnya, ada seorang warganet YouTube yang pernah membagikan tentang trik merawat tanaman kunyit ini.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya