Resep jajanan SD dari nasi dan tanpa minyak, bisa dijual Rp 1 ribuan

27 / 06 / 2022 21:02 WIB Annathiqotul Laduniyah
Resep jajanan SD dari nasi dan tanpa minyak, bisa dijual Rp 1 ribuan
TikTok/@efritaasmr

Brilio.net - Jajanan SD rasanya memang selalu bisa bikin nostalgia. Harganya yang murah muriah dan enak menjadi salah satu ciri khas dari jajanan SD. Ada banyak macam jajanan yang biasa dijual di depan sekolah dasar, mulai dari kudapan rasa gurih, asin, pedas, hingga manis.

Namun kebanyakan anak SD pasti lebih suka dengan jajanan manis dibanding rasa pedas, kan? Selain memiliki cita rasa yang nikmat, rasa manis juga diketahui dapat membuat perasaan jadi lebih tenang.

Buat para pencinta makanan manis khas jajanan SD, sekarang kamu bisa membuatnya sendiri di rumah. Yup, salah satu warganet dengan akun TikTok/@efritaasmr membagikan resep dan cara membuat jajanan manis SD. Kali ini terbuat dari bahan dasar nasi.

Resep jajanan SD dari nasi dan tanpa minyak, bisa dijual Rp 1 ribuan

foto: TikTok/@efritaasmr

Walaupun dibuat dari nasi, pemilik akun TikTok/@efritaasmr bisa menyulapnya menjadi camilan manis yang lembut dan tampak lezat. Tak hanya itu, dia juga menunjukkan cara memasak tanpa menggunakan minyak, lho. Jadi bisa lebih irit dan murah, nih.

Bahan-bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan jajanan SD ini cukup mudah didapat. Hanya butuh nasi, telur, air, jeruk nipis, gula pasir, tepung terigu, dan tepung tapioka.

Resep jajanan SD dari nasi dan tanpa minyak, bisa dijual Rp 1 ribuan

foto: TikTok/@efritaasmr

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah blender nasi, satu butir telur, dan air secukupnya. Tunggu sampai halus. Setelah itu, tuang ke wadah sembari disaring untuk menghilangkan gumpalan-gumpalannya.

Campur adonan nasi dengan tepung terigu dan tapioka. Aduk hingga merata dan tidak ada yang menggumpal. Lantas, bagi adonan menjadi dua dan beri pewarna yang berbeda pada masing-masing adonan. Nah, pewarna ini jadi ciri khas jajanan SD yang bikin anak-anak pasti tertarik.

Resep jajanan SD dari nasi dan tanpa minyak, bisa dijual Rp 1 ribuan

foto: TikTok/@efritaasmr

Ambil satu sendok sayur adonan, tuang di atas teflon antilengket. Ratakan supaya cepat matang. Setelah adonan tidak lengket, angkat, dan tidak perlu dibalik. Ulangi proses yang sama hingga adonan habis. Nah, kemudian sisihkan terlebih dahulu.

Untuk isiannya, bisa memakai selai yang terbuat dari gula pasir. Cara membuatnya pun nggak kalah simpel. Cukup masak gula dan air di panci. Aduk hingga gula larut. Jangan lupa tambahkan juga air perasan jeruk nipis supaya lebih segar.

Resep jajanan SD dari nasi dan tanpa minyak, bisa dijual Rp 1 ribuan

foto: TikTok/@efritaasmr

Tunggu hingga mendidih dan mulai berbusa. Biarkan sampai 10 menit. Supaya lebih menarik, beri pewarna yang sama dengan adonan sebelumnya. Tunggu dingin dan tekstur selai lebih mengental. Barulah selai bisa digunakan.

Ambil selai secukupnya, tuang di bagian tengah setiap adonan yang sudah matang tadi. Kemudian tutup adonan hingga membentuk setengah lingkaran. Untuk memastikan bagian pinggir melekat dengan baik, rekatkan dengan garpu.

Resep jajanan SD dari nasi dan tanpa minyak, bisa dijual Rp 1 ribuan

foto: TikTok/@efritaasmr

Walau baru diunggah dalam waktu beberapa hari, namun video TikTok milik @efritaasmr ini telah ditonton lebih dari 18 juta kali dan disukai lebih dari satu juta pengguna TikTok, lho. Hal tersebut membuktikan bahwa resep yang dibeberkan membuat banyak orang tertarik mencobanya.

"apapun ciri makanan nya, nasi harus utama," komentar akun @lv dikutip BrilioFood dari akun TikTok/@efritaasmr pada Senin (27/6).

"indonesia banget nih kalo gak pake nasi gak lengkap rasa," sahut akun @Ghanimi.official.

"ketika emaklu nyuruh makan nasi dlu baru jajan, ini solusinya," tutur akun @Mikhael.

"oke bakal aku coba nunggu rumah sepi," papar akun @rum.

"cocok nih buat temen yang ga suka nasi," balas akun @Babayo.

Selain itu, jajanan ini juga cocok banget buat ide jualan, lho. Bisa banget dijual dengan harga Rp 1 ribuan saja. Meskipun harganya murah tapi rasa yang disajikan tetap enak. Dijamin laris manis dan balik modal, deh. Tertarik buat mencoba?

@efritaasmr Balas @zahirasyahwa277 jajan sd manis seribuan tanpa minyak #racunefrita #fyp #cemilansimple suara asli - Efrita ASMR

(brl/lut)

Video

Selengkapnya

Tumis Timun Pedas

  • Soto Mi

    Soto Mi

  • Mie Aceh

    Mie Aceh

  • Lotek

    Lotek

Review

Selengkapnya