Romantisme kesetiaan kakek-nenek 70 tahun di balik eksistensi roti kembang waru warisan Mataram Islam

Romantisme kesetiaan kakek-nenek 70 tahun di balik eksistensi roti kembang waru warisan Mataram Islam
foto: brilio.net/shahfara

Brilio.net - Sabtu pagi yang cerah dipadu wangi roti yang menghampiri, rasanya bikin semangat menikmati akhir pekan. Tentu rasa lapar juga muncul seketika, kan? Kondisi ini persis ketika brilio.net menyusuri sebuah jalan di Kotagede, Yogyakarta. Aroma semerbak roti seakan melambai menuntun langkah kaki menuju tempat pembuatannya.

Kami menemui Pak Bas dan Bu Gidah, pasangan kakek-nenek yang dikenal sebagai pengrajin roti kembang waru tertua di Kotagede. Usut punya usut, Pak Bas dan Bu Gidah sudah menggeluti bisnis roti kembang waru sejak 1983, lho.

Eksistensi roti kembang waru tidak lepas dari perjalanan sejarah di Indonesia, terutama kerajaan Mataram Islam di Yogyakarta. Menurut cerita Pak Bas, dulu pohon kembang waru tumbuh di dekat pasar dan keraton kerajaan Mataram. Uniknya, pohon ini hanya berbunga, bukan berbuah seperti pohon lain. Walau tidak dapat dijadikan bahan bangunan, tapi kayu dari pohon kembang waru banyak dibuat jadi bakiak atau teklek. Akhirnya kembang waru jadi inspirasi bentuk dan filosofi dari roti kembang waru ini.

Kembang waru umumnya memiliki 8 kelopak bunga yang juga diterapkan sebagai bentuk roti kembang waru. Makna di balik jumlah kelopak bunga ini yaitu ibarat "hasto broto". Dilansir dari laman budaya.jogjaprov.go.id, hasto broto berasal dari Bahasa Jawa yang berarti delapan laku atau watak baik yang ada di dunia. Delapan watak tersebut digambarkan sebagai elemen seperti matahari, bulan, bintang, mega (awan), tirta (air), kismo (tanah), samudra, dan maruto (angin).

Roti kembang waru pun menjadi hidangan andalan kerabat keraton untuk disajikan pada momen hajatan seperti mitoni, manten, dan lainnya. Nenek moyang Pak Bas menjadi salah satu pengrajin roti kembang waru hingga diwariskan pada Pak Bas dan Bu Gidah sekarang.

"Bedanya kalau dulu ada orang membutuhkan roti kembang waru itu pembuatnya diboyong, dibawa. Nanti bikinnya di tempat orang punya hajat," kata pria 78 tahun itu saat ditemui brilio.net beberapa waktu lalu, Sabtu (9/9).

Sementara Pak Bas dan Bu Gidah punya cara dagang berbeda dengan leluhurnya. Mereka memilih berjualan dari rumah saja, sehingga jika ada konsumen ingin mendapatkan roti kembang waru, harus datang ke lokasi secara langsung. Lokasinya di Bumen KG III/452, RT 23 RW 06, Kecamatan Kotagede, Yogyakarta.

"Ada orang ngira ini toko besar. Padahal bukan toko, saya pengrajin rumah tangga. Ini rumah tangga sendiri jadi non stop, tiap malam kami tutup pintunya. Tapi kalau ada orang yang membutuhkan roti, kami beri dengan baik," ucap pemilik nama lengkap Basiran Basis Hargito ini.

Romantisme kesetiaan kakek-nenek 70 tahun di balik eksistensi roti kembang waru warisan Mataram Islam

foto: brilio.net/shahfara

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya