Tak butuh blender, begini cara simpel bikin susu kurma murni ala rumahan

Tak butuh blender, begini cara simpel bikin susu kurma murni ala rumahan
TikTok/@eatastetic

Brilio.net - Buah kurma memang identik dengan bulan Ramadan. Ketika datang momen berbuka puasa, tampaknya buah satu ini sering ada untuk jadi salah satu menu takjil. Terlepas dari itu, buah kurma sendiri mengandung banyak sekali manfaat yang baik untuk kesehatan. Dilansir dari bbcgoodfood.com, kurma kaya akan antioksidan dan serat.

Kedua nutrisi pada kurma tersebut bisa bantu meningkatkan imunitas tubuh, melancarkan pencernaan, menyehatkan otak, dan lain-lain. Namun, penting untuk diingat kalau kurma sebaiknya tak dikonsumsi secara berlebihan, ya. Pasalnya, kurma mengandung gula cukup tinggi, sehingga kalau dimakan dalam porsi besar, berisiko meningkatkan kadar gula darah.

Selain dikonsumsi langsung, buah dengan nama ilmiah Phoenix dactylifera ini juga cocok dikreasikan jadi aneka hidangan lezat, lho. Kamu bisa membuat olahan kurma jadi kue, puding, brownies, smoothies, juga susu. Nah, susu kurma sendiri memang sudah banyak dijual di pasaran, namun buat yang doyan, alih-alih beli, kamu bisa pula membuatnya sendiri di rumah, nih.

Susu kurma sering dianggap ribet cara pembuatannya karena harus melewati proses memblender, menyaring, dan lain sebagainya. Padahal, ada cara yang lebih simpel untuk bisa membuat dan mengonsumsi minuman ini, lho. Nah, cara simpel bikin susu kurma ini sempat dibagikan lewat sebuah unggahan oleh warganet di akun TikTok @eatastetic.

"Ada yang suka susu kurma? Bikin sendiri, yuk. Caranya gampang banget ga perlu alat yang ribet ribet bahannya juga cuma susu dan kurma," ujarnya, dikutip BrilioFood dari TikTok @eatastetic pada Senin (3/4).

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya