Tak perlu baking soda, begini trik cepat bersihkan kerak gosong yang membekas di bagian dalam panci

Tak perlu baking soda, begini trik cepat bersihkan kerak gosong yang membekas di bagian dalam panci
YouTube/Dzakiyya encle

Brilio.net - Ada banyak alat dapur yang dapat digunakan untuk masak, salah satunya panci. Biasanya panci dipakai untuk mengolah masakan yang berkuah. Atau bisa juga dipakai untuk menerapkan metode memasak yang membutuhkan banyak air, seperti rebus atau kukus.

Tingginya kegunaan panci membuat perabot satu ini selalu dipakai hampir setiap hari. Padahal pemakaian yang terlalu sering dapat membuat panci jadi kotor, lho. Teruma di bagian dalamnya.

Dalam beberapa kasus, memasak dapat menimbulkan insiden seperti panci jadi gosong karena airnya surut dan habis. Alhasil, panci yang dipanaskan terus menerus akan menghasilkan kerak gosong di bagian dalamnya. Sekalipun sudah dicuci atau digosok, kerak gosong ini akan membekas.

Padahal menghilangkan bekas kerak gosong tersebut bukanlah hal mudah. Butuh metode dan bahan khusus agar noda keraknya bisa hilang. Biasanya sebagian orang akan menggunakan baking soda untuk membersihkan panci yang berkerakseperti ini.

Baking soda dipercaya dapat mengangkat noda membandel sekalipun, seperti kerak yang membekas. Apalagi saat dicampur dengan sabun atau air panas, baking soda memiliki daya bersih yang tinggi. Kandungan zat di dalam baking soda mudah melunakkan kerak dan membuatnya lebih gampang digosok.

Namun jika stok baking soda di rumah sedang habis, kamu bisa menggunakan bahan lain yang lebih mudah didapat. Seorang pengguna YouTube Dzakiyya encle pernah membeberkan bahan tersebut melalui salah satu video yang diunggah.

"Ini aku udah nyobain dua kali. Hasilnya mantap. Tanpa perlu digosok-gosok keras pake tangan yang bikin tangan sakit gitu," papar YouTube Dzakiyya encle.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya