Tak perlu disumpal karet gelang, ini cara mengatasi tabung gas bocor pakai 2 alat sederhana

Tak perlu disumpal karet gelang, ini cara mengatasi tabung gas bocor pakai 2 alat sederhana
foto: YouTube/Taramei 126

Brilio.net - Gas elpiji merupakan bahan bakar yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari untuk menyalakan api kompor. Saat gas elpiji habis, sejumlah orang mengaku bingung cara menggantinya. Hal ini dikarenakan, tak jarang tabung gas justru berdesis karena bocor.

Bunyi desis ini biasanya muncul saat regulator dipasang ke tabung gas. Jika hal ini terjadi, jangan didiamkan begitu saja, ya. Selain bau gas akan menyeruak ke seluruh ruangan, kejadian ini juga berisiko menyebabkan kebakaran karena tabung gas meledak.

Mengetahui hal tersebut, kebanyakan orang sengaja menyumpal atau mengikat karet gelang di bagian mulut tabung gas. Hal ini bertujuan agar volume di mulut tabung gas semakin bertambah. Dengan begitu, nggak ada lagi bagian yang kosong saat regulator dipasang ke tabung gas. Alhasil, gas akan mengalir secara sempurna ke regulator, selang regulator, hingga berujung ke kompor.

Sayangnya, karena bentuknya tipis dan elastis, terkadang karet gelang putus saat dipasang sebagai tambalan tabung gas. Tabung gas pun akhirnya mengeluarkan suara mendesis lagi.

Oleh karena itu, kamu bisa mengganti karet gelang dengan alat lainnya. Seperti yang dilakukan oleh pengguna YouTube Taramei 126. Di unggahan videonya, tampak warganet ini mengandalkan dua bahan sederhana untuk mengatasi tabung gasnya yang bocor. Penasaran bagaimana caranya?

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya