Tak perlu pemutih, begini cara mudah menghilangkan kerak tebal di wajan pakai 3 bahan

Tak perlu pemutih, begini cara mudah menghilangkan kerak tebal di wajan pakai 3 bahan
YouTube/Naoki Hamizan

Brilio.net - Semakin lama usia pemakaian, wajan memang makin nyaman digunakan. Banyak orang yang justru memilih menggunakan wajan lama, sekalipun tampilannya sudah hitam dan dekil. Noda hitam ini biasanya disebabkan proses membersihkan wajan nggak maksimal.

Bagian wajan yang hitam biasanya berada di bagian bawah atau pantat wajan. Karena terkena api kompor secara langsung terus menerus, pantat wajan ini bisa gosong dan hitam. Hal ini diperparah dengan adanya noda makanan yang menempel dan nggak langsung dibersihkan.

Noda makanan dan gosong yang semakin menumpuk bisa berubah jadi kerak, lho. Walaupun begitu, banyak orang masih abai dengan kebersihan pantat wajan ini. Alhasil, keraknya pun menebal dari tahun ke tahun seperti yang dialami oleh pengguna YouTube Naoki Hamizan.

"Ini wajan usianya udah belasan tahun, makanya udah gosong, item, dekil, dan membandel, lagi. Ini efek keseringan dipakai dan bagian belakangnya gak pernah digosok-gosok banget. Dan jadilah sisa-sisa kerak dari masak itu yang pada nempel," ungkap YouTube Naoki Hamizan, dikutip BrilioFood pada Rabu (19/7).

Tak perlu pemutih, begini cara mudah menghilangkan kerak tebal di wajan pakai 3 bahan

foto: YouTube/Naoki Hamizan

Untuk membersihkan keran tebal tersebut, sejumlah orang biasanya akan mengandalkan bahan khusus, seperti pemutih pakaian. Selain itu, ada juga yang menggunakan soda api. Walau ampuh, namun bahan kimia ini punya efek samping yang bisa menyebabkan iritasi kulit, lho.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya