Tanpa air panas, begini cara menghilangkan noda gosong yang lengket di teflon

Tanpa air panas, begini cara menghilangkan noda gosong yang lengket di teflon
foto: YouTube/Suci Aan

Brilio.net - Kegiatan memasak memang tak bisa luput dari insiden tak terduga. Salah satu masalah yang sering terjadi adalah masakan gosong karena ditinggal mengerjakan hal lain. Masakan yang gosong biasanya jadi hitam dan tidak layak dikonsumsi. Alhasil, mau tak mau kamu harus membuangnya dan meracik masakan yang baru.

Selain itu, insiden masakan gosong juga membawa dampak lain pada alat masaknya. Biasanya sisa masakan yang hitam dan gosong ini akan menempel di permukaan wajan, panci, atau teflon. Jika alat masaknya terbuat dari besi, noda tersebut bisa digosok dengan sabut kawat. Namun jika alat masaknya berupa teflon, yang umumnya punya lapisan antilengket, menggosoknya secara paksa hanya akan merusak lapisan antilengketnya. Jika hal itu terjadi, akan sangat mungkin teflon jadi lebih sulit dipakai dan lebih cepat rusak.

Oleh karena itu, sejumlah orang akan menerapkan cara lain yang lebih aman. Salah satunya dengan merendamnya dalam air panas atau memasak air di teflon tersebut sampai mendidih. Nah, air panas ini bisa melunakkan noda gosong yang terlanjur berkerak dan lengket.

Namun bagi sebagian orang, cara tersebut justru bikin boros gas kompor, lho. Padahal alih-alih menggunakan air panas, kamu bisa memakai bahan lain yang juga ampuh membersihkan noda gosong di teflon. Cara ini pun biasa diterapkan oleh pengguna YouTube Suci Aan.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya