Tanpa sitrun atau air panas, ini trik bersihkan kerak membandel di tungku kompor pakai 2 bahan dapur

Tanpa sitrun atau air panas, ini trik bersihkan kerak membandel di tungku kompor pakai 2 bahan dapur
foto: YouTube/Zulaikha pratiwy

Brilio.net - Tungku kompor berperan penting untuk menahan posisi wajan dan panci tetap stabil saat masak. Namun, karena sering bersentuhan dengan wajan dan panci, tungku kompor pula yang paling mudah kotor dibanding bagian kompor lain. Biasanya, tetesan minyak, air, saus, ataupun bahan masak lain mudah mendarat di tungku kompor.

Sebelum dibersihkan, banyak orang memilih membiarkan dulu noda yang jatuh di tungku kompor selama beberapa saat usai masak lantaran kondisinya masih panas. Tetapi, setelah kondisi kompor sudah tak panas, alih-alih dibersihkan, tak jarang orang-orang justru lupa, sehingga noda tersebut mengering dan berubah jadi kerak.

Jika dibiarkan dalam waktu lama, noda kerak di tungku kompor tersebut bisa-bisa membandel, lho. Alhasil, air dan sabun saja seringkali tak cukup ampuh untuk mengangkat noda di tungku kompor tersebut. Makanya banyak orang memilih membersihkan noda membandel di tungku kompor dengan sitrun (citric acid) ataupun air panas.

Namun, buat kamu yang nggak ingin pakai kedua bahan tersebut, jangan khawatir karena masih ada bahan lain. Seperti trik dalam unggahan milik YouTube Zulaikha pratiwy, tungku kompor berkerak bisa dibersihkan hanya pakai dua bahan dapur yang sering dipakai untuk masak dan membuat kue, lho.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya