Trik mencegah pisang agar tidak dihampiri lalat buah, antigagal

Trik mencegah pisang agar tidak dihampiri lalat buah, antigagal
Lalat buah muncul karena tertarik dengan aroma kuat dari pisang. |

Dilansir dari mass.gov, lalat buah bisa muncul karena tertarik dengan aroma kuat yang keluar dari pisang. Apalagi jika pisang sudah sangat matang. Untuk mencegah hal tersebut, ternyata ada cara mudah yang digunakan, lho. Salah satu pengguna TikTok bernama Tonya membagikan cara mencegah lalat buah datang ke pisang yang sudah ia pakai selama bertahun-tahun.

"Best fruit fly hack. Since I started doing this years ago (Hack terbaik untuk cegah lalat buah. Aku pakai cara ini sudah dari beberapa tahun lalu)," tulisnya di TikTok/@thatcleanbee, dilansir BrilioFood pada Minggu (16/10).

Dalam video tersebut, langkah pertama yang harus dilakukan adalah melepaskan stiker maupun label yang masih menempel pada pisang usai dibeli. Kemudian, cuci pisang di bawah air mengalir sampai semua sisinya terkena air. Setelah dicuci beberapa saat, tiriskan pisangnya.

Trik mencegah pisang agar tidak dihampiri lalat buah, antigagal

foto: TikTok/@thatcleanbee

Pisang bisa didiamkan sampai semua airnya turun maupun diseka dengan tisu sampai kering. Jika sudah kering, pisang siap disimpan. Dilansir dari familyhandyman.com, lalat buah umumnya sudah bertelur di pisang terlebih dahulu sebelum dibawa ke rumah. Sehingga, jika tidak langsung dicuci, telur lalat buah tersebut bisa menetas dan mengerumuni pisang saat disimpan.

Trik mencegah pisang agar tidak dihampiri lalat buah, antigagal

foto: TikTok/@thatcleanbee

Trik yang dibagikan TikTok/@thatcleanbee sejak September 2022 lalu ini pun sudah ditiru oleh banyak warganet, lho. Selain sudah ditonton jutaan kali, video milik Tonya ini juga mendapat berbagai komentar menarik dari warganet.

@thatcleanbee Best fruit fly hack. Since I started doing this (years ago) Ive maybe had 1 time where I had fruit flies. #fruitflyhack #kitchenhacksthatwork #cleaningtiktokasmr #fruitflies #getridoffruitflies #adultadvice original sound - TonyaBee

"You’ve just changed my life. I always get them right after bananas (Kamu baru saja mengubah hidupku. Aku selalu mendapati lalat buah di pisang)," ujar TikTok/@Liv .

"I just went online and researched this this fact is true and I agree with it (Aku baru telusuri di internet dan trik ini fakta, aku percaya ini berhasil)," ungkap TikTok/@strengthen2030.

“Wash your fruit before you eat it”… But nobody ever told us about the bananas! Thank you very much (Orang bilang cuci buah sebelum dimakan. Tapi belum ada yang menyuruh cuci pisang! Terima kasih banyak)," tulis TikTok/@Julie W.

"And don't forget to spray/pour white vinegar down the drain/plug hole cos the little buggers hang around in there too (Dan jangan lupa untuk semprotkan cuka putih ke saluran air di wastafel soalnya lalat buah biasanya nongkrong di situ)," jelas TikTok/@Col.

"Literally never washed a banana before.. house full of fruit flies. (Benar-benar belum pernah mencuci pisang.. rumah biasanya jadi penuh sama lalat buah)," kata TikTok/@user6758087435465.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya