Trik mengetahui suhu mentega sudah pas dan siap dicampur ke dalam adonan

Trik mengetahui suhu mentega sudah pas dan siap dicampur ke dalam adonan
foto: TikTok/@sweetandsavorybyshinee

Brilio.net - Mentega merupakan bahan penting dalam pembuatan berbagai macam kue. Bukan tanpa alasan, mentega biasa mengandung lemak tinggi. Nah, lemak ini lah yang dapat membantu melembutkan dan melembapkan adonan kue.

Jika menilik lebih lanjut beberapa resep kue, biasanya ada ketentuan tersendiri untuk mentega yang harus digunakan. Misalnya, mentega harus bersuhu ruang. Hal ini berarti suhu pada mentega harus pas, tidak dingin atau panas.

Sayangnya, sebagian orang justru kerap abai dengan hal tersebut. Tidak sedikit yang kemudian menganggap bahwa tekstur mentega yang sudah lunak bisa langsung dimasukkan ke dalam adonan kue. Padahal tidak semua tekstur mentega yang lunak memiliki suhu yang pas (bersuhu ruang).

Ada ciri fisik yang menandakan tekstur dan suhu mentega sudah pas untuk dicampur ke dalam adonan. Hal ini pernah dibagikan oleh seorang kreator konten TikTok bernama @sweetandsavorybyshinee. Dalam salah satu video yang dibagikan, dia alasan pentingnya mengetahui tekstur dan suhu pada mentega.

"The temperature and consistency of your butter can make up break your cookies. Here's hacks to check it (suhu dan konsistensi mentega Anda dapat merusak kue Anda. Inilah peretasan untuk memeriksanya)," ungkap TikTok @sweetandsavorybyshinee.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya