Trik mudah membedakan telur yang sudah direbus dan masih mentah tanpa memecah cangkangnya

Trik mudah membedakan telur yang sudah direbus dan masih mentah tanpa memecah cangkangnya
Mudah dipraktikkan di rumah |

Nah, salah seorang warganet bernama Miriam juga kerap mengalaminya, nih. Tetapi, menurutnya tak perlu menebak-nebak dan langsung memecah cangkang telur untuk mengetahui telur mana yang sudah matang, sebab ada caranya. Cara membedakan telur yang sudah direbus dan masih mentah ini disebut-sebut ia pelajari dari sang ibu.

"One of these eggs is hard boiled, and the other is raw, and I don't know which one is which. If you're ever in a situation where you mixed up 2 eggs you can always spin them (Salah satu telur ini sudah direbus dan satu lagi masih mentah, terus aku nggak tahu yang mana yang sudah matang. Kalau kamu pernah mengalaminya juga, kamu bisa memutarnya)," jelas Miriam, dikutip BrilioFood dari TikTok @miriamezagui pada Rabu (7/6).

Lantas, gimana sih cara memutarnya? Semula, letakkan dulu telur di atas meja yang bersih, rata, dan cukup luas. Kemudian, putar telur satu per satu. Tanda telur sudah direbus, perputarannya disebut-sebut lebih cepat. Begitu pula sebaliknya, jika lebih lambat, artinya telur masih mentah.

Trik mudah membedakan telur yang sudah direbus dan masih mentah tanpa memecah cangkangnya

foto: TikTok/@miriamezagui

Usut punya usut, ada satu tanda lagi yang bisa diamati, nih. Hal ini dijelaskan oleh seorang warganet di kolom komentar. Tandanya, usai diputar dan dihentikan, telur yang masih mentah akan berputar kembali dengan sendirinya. Berbeda dengan telur matang yang akan langsung berhenti tanpa berputar lagi usai dihentikan.

"Also if you spin and stop them the raw one will start turning again, cooked will stay still (Satu lagi, kalau diputar dan dihentikan, telur yang mentah akan berputar lagi, tapi yang matang diam)," jelas TikTok @Jiminy.

Miriam pun langsung membuktikan apakah benar telur miliknya yang berputar lebih cepat sudah direbus atau belum. Ternyata, saat dikupas, telur tersebut benar-benar sudah matang, lho. Dilansir dari fleet.org.au, isi telur yang sudah matang itu padat, makanya mudah berputar. Berbeda dengan telur mentah yang isinya masih cair, sehingga cenderung lebih lambat saat berputar.

Trik mudah membedakan telur yang sudah direbus dan masih mentah tanpa memecah cangkangnya

foto: TikTok/@miriamezagui

Gimana, menarik dan bermanfaat banget ya? Mengintip respons lain di kolom komentar unggahan TikTok @miriamezagui, sejumlah warganet mengaku antusias dengan cara membedakan telur rebus dan mentah ini, lho. Unggahan ini pun sudah ditonton lebih dari 687 ribu kali.

"Omg such a good life hack (Hack yang bagus)," ujar TikTok @Ruthie Feinberg.

"i learned this when I was little (Aku mempelajari hal ini pas masih kecil)," ungkap TikTok @Suzanne McMackin.

"That’s very cool! I didn’t know that! (Keren! Aku nggak tahu kalau bisa begitu!)," seru TikTok @Leslie Ohare.

"This is so helpful omg thank you (Membantu sekali, makasih ya)," kata TikTok @.

@miriamezagui Here is another egg hack for you, how can you tell the difference between a hard boiled egg and a raw one without cracking it? #hack #lifehack #egg #foodtok original sound - Miriam Ezagui

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya