Trik seruput ramen ala orang Jepang, tarikan kencang & bunyi "slurrpp" pujian nikmat bagi chef

Trik seruput ramen ala orang Jepang, tarikan kencang & bunyi "slurrpp" pujian nikmat bagi chef
foto: Yatai M Bloc Space

Brilio.net - Siapa sih yang nggak tahu ramen? Nah, betul banget, makanan olahan mie asal Negeri Sakura ini mampu menghipnotis semua orang dengan cita rasanya yang menggoda. Perpaduan mie dengan kuah bercita rasa gurih ini tentu akan membuat perutmu seketika hangat.

Di Indonesia, ramen sangat populer dan disajikan oleh warung kaki lima hingga restoran bintang lima. Kuncinya ada tiga, yaitu sup, mie, dan topping. Dari tiga elemen inilah ramen mampu menggoda lidah banyak orang.

Menikmati ramen bukan sekadar menyeruput mie dan melahap toppingnya. Ternyata, ada trik khusus untuk “menyeruput” ala orang Jepang. Bahkan, trik ini bisa membuka kunci sup ramen agar mengeluarkan aroma dan rasa yang tersembunyi.

Nah penasaran ingin tahu trik menyeruput ramen ala orang Jepang biar makin nikmat? Berikut ulasannya seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Senin (6/3).

1. Ucapkan "itadakimasu" terlebih dulu.

Trik seruput ramen ala orang Jepang, tarikan kencang & bunyi "slurrpp" pujian nikmat bagi chef

foto: Yatai M Bloc Space

Menikmati hidangan ramen memang bikin semua orang penasaran dengan rasa otentiknya. Hal ini terkadang bikin mereka buru-buru dan nggak sabar untuk menyantapnya. Tapi, ternyata sebelum menyantapnya orang Jepang akan mengucapkan "itadakimasu" terlebih dulu.

"Itadakimasu" sendiri merupakan cara untuk mengucapkan terima kasih ke kepada chef yang telah memasak ramen untukmu. Ini juga ucapan rasa syukur karena akan menikmati hidangan.

Kemudian setelah makanan habis pun mereka juga akan mengucapkan "gochisousama". Hal ini menunjukkan rasa hormat karena menyantap makanan dengan lezat.

2. Seruput kuahnya terlebih dulu.

Trik seruput ramen ala orang Jepang, tarikan kencang & bunyi "slurrpp" pujian nikmat bagi chef

foto: Yatai PIK

Trik yang kedua yakni jangan langsung mengambil ramen dengan sumpit, ya. Aturan menyantap ramen adalah dengan menyeruput kuahnya terlebih dahulu langsung dari mangkuknya. Caranya, angkat mangkuk menggunakan kedua tangan. Hal ini juga bertujuan agar kamu bisa merasakan cita rasa otentik kuah ramen sebelum dicampur dengan kondimen lainnya.

3. Menyeruput ramen secara kencang.

Trik seruput ramen ala orang Jepang, tarikan kencang & bunyi "slurrpp" pujian nikmat bagi chef

foto: Yatai M Bloc Space

Mungkin budaya menyeruput di Indonesia masih tabu dan dianggap tak sopan. Ternyata di Jepang, menyeruput ramen secara kencang itu berarti memberi tahu dan menghargai chef pembuat ramen bahwa kamu menikmati hidangan tersebut, loh.

Jadi kamu tak perlu malu ketika harus menyeruput ramen. Hal penting juga yang perlu diingat saat menyantap ramen harus dengan menghirupnya sambil bersuara "slurrpp". Dengan menyeruput kencang, lidah dan hidungmu akan bekerjasama untuk menikmati lezatnya sup ramen dalam waktu bersamaan.

Nah, momen makan ramen kian otentik dan nikmat jika makan di Yatai, yakni angkringan ala Jepang. Yatai sendiri memiliki sejarah panjang di negara asalnya. “Angkringan” ini jadi obat rindu bagi pekerja yang menginginkan rasa nostalgia yang mulai tergerus dengan zaman.

Nggak perlu bingung, kini Yatai pun mulai populer di Tanah Air. Banyak sekali restoran yang menyajikan masakan Jepang dengan konsep ini. Sayangnya, untuk mendapatkan pengalaman makan ramen di Yatai yang otentik sangatlah susah.

Ssst, jangan khawatir! ada bocoran bahwa Yatai otentik telah menyapa warga Jakarta. Sejak tanggal 1 hingga 5 Maret kemarin, Indomie telah menyediakan Yatai otentik untuk warga Jakarta dan sekitarnya. Lokasinya berada di M Bloc Space (Blok M Area), Chillax (Area Sudirman), dan Pantjoran (PIK).

Trik seruput ramen ala orang Jepang, tarikan kencang & bunyi "slurrpp" pujian nikmat bagi chef

foto: Yatai PIK & Chillax

Di Yatai Ramen Indomie yang bersuasana khas Jepang, pengunjung bisa menjadi yang pertama mencoba nikmatnya Tori Miso Ramen dari Indomie yang disajikan dengan topping ramen lengkap dan minuman, dengan harga hanya Rp 6.000 saja.

Tidak hanya itu saja, di Yatai Ramen Indomie ini pengunjung juga dapat berinteraksi dengan chef di yatai yang akan bercerita bagaimana cara menikmati ramen yang otentik Jepang untuk memberikan pengalaman yang berbeda. Sembari menikmati suasana seperti di Jepang, di yatai ini juga kamu bisa mendapatkan pengetahuan mengenai istilah-istilah ucapan dalam bahasa Jepang loh.

Tori Miso Ramen yang disajikan merupakan inovasi terbaru dari Indomie, yaitu Indomie Premium Collection Ramen Series dengan rasa Tori Miso ini bisa didapatkan secara eksklusif di Yatai Ramen Indomie dari tanggal 1 – 5 Maret 2023. Tapi bagi kamu yang kelewatan event ini jangan khawatir, karena Indomie Premium Collection Ramen Series akan diluncurkan pada tanggal 6 Maret 2023 di Indomie Official Store e-commerce dan juga toko-toko retail di seluruh Indonesia, dengan tiga varian rasa ramen Jepang yaitu Tori Miso Ramen dan Shoyu Ramen untuk varian kuah, dan Takoyaki untuk varian goreng. Yuk buruan beli sebelum kehabisan!

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai Indomie Ramen Series, ikuti terus update dari Indomie lewat media sosial di Instagram, official store di Shopee dan Tokopedia.

Adv

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya