Wajib tahu, ini cara memasak nasi pulen supaya nggak lengket di panci

30 / 07 / 2022 12:32 WIB Annathiqotul Laduniyah
Wajib tahu, ini cara memasak nasi pulen supaya nggak lengket di panci
TikTok/@riskashakishaka

Brilio.net - Nasi terbuat dari beras merupakan salah satu sumber karbohidrat yang mengenyangkan dan punya banyak manfaat. Dilansir dari webmd.com, kandungan kalori pada nasi dapat menjadi sumber energi yang baik untuk tubuh.

Selain sehat dan mengenyangkan, nasi juga cukup mudah untuk dibuat. Apalagi saat ini ada banyak alat canggih yang dapat memudahkan praktik memasak nasi. Jadi lebih cepat, seperti pakai rice cooker. Rice cooker sangat berguna untuk memasak nasi secara otomatis dan hemat waktu.

Biasanya beras yang akan dimasak, dicuci terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke rice cooker. Kemudian tuangi air lalu tutup rice cooker, dan klik atau tekan tombol 'masak'. Nasi pun bisa matang dengan sendirinya dalam beberapa waktu.

Kendati mudah dan cepat, namun ternyata memasak nasitidak bisa sembarangan, lho. Alih-alih menghasilkan nasi pulen dan nikmat, justru nasi bisa lengket dan menempel saat diaduk. Meskipun sudah memakai rice cooker maupun magic com antilengket atau hasil nasi padahal nggak kering, tetap saja masalah ini dapat terjadi.

Nasi pulen yang menempel di dinding rice cooker jadi terbuang sia-sia, kan?

Untuk mengatasi masalah tersebut, kamu bisa meniru cara memasak nasi yang sudah BrilioFood lansir dari TikTok/@riskashakishaka pada Sabtu (30/7).

Wajib tahu, ini cara memasak nasi pulen supaya nggak lengket di panci

foto: TikTok/@riskashakishaka

Caranya pun cukup simpel. Beras yang sudah dibersihkan dan siap dimasak pakai rice cooker, cukup diberi sedikit minyak. Kemudian masak beras seperti biasanya. Setelah matang, aduk-aduk nasi untuk memastikan tidak ada sisa nasi yang masih menempel.

Hal tersebut tentu dapat membuat nasi tidak terbuang sia-sia karena menempel pada dinding rice cooker. Selain itu, panci rice cooker juga akan lebih mudah dibersihkan nantinya.

Wajib tahu, ini cara memasak nasi pulen supaya nggak lengket di panci

foto: TikTok/@riskashakishaka

Video TikTok tersebut kini telah disukai lebih dari 14 ribu kali. Beberapa warganet pun turut menanggapi cara memasak itu melalui kolom komentar. Ada yang merasa terbantu dengan triknya. Ada pula yang mengaku telah menerapkan cara ini sudah sejak lama.

"wkwkw,,wktu merantau udah sering msak nasi gni pake minyak '' ujar akun TikTok/@_mamangjaprut.

"lhooo...coba dulu deh...gk ada ruginya...makasih bun " kata akun TikTok/@rajaonar_.

Di antara warganet bahkan menyarankan untuk mengganti jenis minyak yang digunakan supaya lebih sehat dan tidak menyebabkan kolesterol. Misalnya ganti penggunaan minyak sawit dengan minyak zaitun, minyak kelapa, atau minyak wijen. Dengan begitu, nasi yang dihasilkan juga tidak hanya antilengket namun juga menyehatkan.

"aku jg lo masak nasi tek tambahin myk zaitun.. di kenal byk manfaat, jg bikin nasi tmbh punel," ungkap akun TikTok/@sari_5077.

"Pake lemon dan minyak, the best, no debat" tulis akun TikTok/@gatotarie dalam kolom komentar.

"tpi lebih bgus nya pakai minyak wijen," pungkas pengguna TikTok/@agatha1996_.

@riskashakishaka setelah sekian banyak terbuang, baru tau teknik ini #masaknasi #kontenmakan #kontenmasak Oh No - Kreepa

(brl/lut)

Video

Selengkapnya

Tumis Timun Pedas

  • Soto Mi

    Soto Mi

  • Mie Aceh

    Mie Aceh

  • Lotek

    Lotek

Review

Selengkapnya