15 Cara membersihkan kerak di kloset, ampuh pakai alat dan bahan sederhana

15 Cara membersihkan kerak di kloset, ampuh pakai alat dan bahan sederhana
YouTube/MAK IDA BUL-BUL

Brilio.net - Kerak yang muncul di kloset biasanya disebabkan karena sisa bercak air yang tak dibilas sampai bersih. Selain itu, kerak juga bisa muncul karena kloset jarang dibersihkan. Sejumlah orang pun kerap memanfaatkan cairan pembersih porselen untuk mengangkat noda kerak tersebut. Tapi kalau sudah membandel, mengandalkan cairan pembersih porselen jadi kurang ampuh.

Noda kerak yang membandel sudah mengeras dan menempel di permukaan kloset sehingga diperlukan bahan pembersih khusus untuk menghilangkannya. Banyak orang lantas memanfaatkan bahan tambahan untuk menghilangkan kerak tersebut, seperti pakai baking soda, cuka, sabun cuci piring, hingga sitrun.

Tak hanya itu, banyak juga yang mengandalkan peralatan seperti ampelas dan batu apung untuk menggosok kloset terlanjur kotor.

Lantas seperti apa langkah-langkahnya? Yuk, simak 15 cara membersihkan kerak di kloset, dirangkum BrilioFood dari berbagai sumber pada Selasa (2/4).

1. Disiram pakai minuman bersoda, lalu digosok pakai ampelas.

15 Cara membersihkan kerak di kloset, ampuh pakai alat dan bahan sederhana

foto: YouTube/Khoirul afifin

Kamu bisa menggunakan bahan lain untuk membersihkan kerak di kloset seperti yang dilakukan seorang mekanik bernama Khoirul Afifin. Melalui akun YouTube pribadinya, Khoirul mengaku justru mengandalkan satu bahan minuman untuk membersihkan kerak di kloset.

Bahan minuman yang dimaksud adalah minuman bersoda atau Sp*it*. Siapa sangka, minuman bersoda ini benar-benar bisa membuat kloset yang semula kuning penuh kerak, jadi lebih kinclong, lho. Namun selain minuman bersoda, ada alat yang harus disiapkan, yakni ampelas.

Cara membersihkan kerak kloset ini pun cukup mudah. Pertama-tama, siram kloset hingga seluruh bagiannya basah. Setelah itu, siram bagian yang berkerak dengan minuman bersoda tersebut. Supaya hasilnya kian maksimal, diamkan dulu selama 5-10 menit agar minuman ini terserap ke dalam kerak di kloset.

Selanjutnya, langsung gosok noda keraknya dengan ampelas. Jika perlu, kamu bisa menyiram kerak tersebut dengan minuman bersoda lagi. Setelah itu, gosok-gosok terus sampai noda kerak benar-benar hilang.

Setelah digosok beberapa menit, kerak di kloset akan mulai luntur dan hilang. Jika dirasa sudah bersih, langsung siram dengan air bersih. Dengan begitu, kloset akan tampak bersih dan kinclong lagi.

2. Disikat pakai sabun cuci piring dan baking soda.

15 Cara membersihkan kerak di kloset, ampuh pakai alat dan bahan sederhana

foto: Instagram/@sabakimia

Pengguna Instagram @sabakimia pernah membagikan trik untuk menghilangkan kerak di kloset. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku hanya menggunakan bahan-bahan sederhana yang ada dapur.

Bahan dapur yang dimaksud adalah sabun cuci piring dan baking soda. Nah, kedua bahan ini bisa dia gunakan untuk membersihkan kloset duduk. Baik bagian luar maupun bagian dalam bisa bersih kembali dengan sabun cuci piring dan baking soda, lho.

Jika ingin membersihkan bagian luarnya, kamu cukup menyiram dulu seluruh bagian kloset. Lalu tuang sabun cuci piring secukupnya. Kemudian langsung gosok menggunakan sikat gigi bekas. Jika noda kuningnya dirasa cukup membandel, kamu bisa menggunakan sikat yang lebih kasar. Setelah disikat hingga bersih, bilas dengan air mengalir.

Nah, untuk membersihkan bagian dalam kloset, kamu dapat menaburkan baking soda terlebih dahulu. Setelah itu, tuang sabun cuci piring secukupnya. Kemudian ratakan sambil digosok-gosok menggunakan sikat WC.

Biasanya noda kuning dan jamur yang membandel cenderung menempel di sela-sela kloset atau bagian yang sulit dijangkau. Nah, untuk membersihkannya, kamu bisa menggunakan bantuan sikat gigi bekas. Jika perlu, taburkan lagi baking soda dan sabun cuci piringnya. Lalu gosok terus sampai bersih.

Jika sudah bersih, bilas seluruh bagian hingga noda dan sisa sabunnya benar-benar hilang. Dengan begitu, kloset akan kembali kinclong dan putih kembali. Nah, untuk hasil maksimal, sebaiknya lakukan pembersihan seperti ini setiap minggu untuk mencegah adanya penumpukan noda yang membuatnya semakin sulit dibersihkan.

3. Digosok pakai sabun cuci piring, cairan pemutih, dan abu gosok.

15 Cara membersihkan kerak di kloset, ampuh pakai alat dan bahan sederhana

foto: YouTube/PakNo (HANGABEHI)

Ada bahan pembersih lain yang bisa digunakan untuk menghilangkan kerak membandel di kloset. Caranya pernah dibagikan oleh pengguna YouTube PakNo (HANGABEHI). Meski tanpa baking soda, hasilnya kloset tampak kinclong, lho.

Peralatan utama yang dipakai untuk menghilangkan kerak kloset adalah ampelas. Namun agar hasilnya lebih bersih, ia juga menambahkan satu bahan dapur, yakni sabun cuci piring sebagai campuran pembersihnya.

Pertama-tama, siapkan ampelas yang akan dipakai untuk menggosok permukaan kloset. Setelah itu, basahi area kloset dengan air, barulah pengguna YouTube tersebut menggosok kloset dengan ampelas.

Setelah digosok beberapa saat, tampilan kloset pun mulai cerah kembali. Namun agar lebih bersih, pengguna YouTube tersebut kembali menggosok kloset dengan tambahan racikan pembersih khusus.

"Racikan cairannya cuma pakai sabun cuci piring sama pemutih pakaian saja," imbuhnya.

Pertama, tuang sabun cuci piring dan pemutih pakaian secukupnya ke dalam wadah botol bekas. Kemudian tambahkan air hingga memenuhi botol tersebut. Lalu tuangkan racikan pembersih tersebut ke seluruh permukaan kloset secara merata. Barulah ditaburi dengan abu gosok.

Setelah itu, dia kembali menggosok kloset dengan sabut kawat sampai benar-benar bersih. Selanjutnya, bilas kloset dengan air. Setelah dibilas, tampilan kloset jadi tampak bersih dan kinclong lagi.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya