15 Cara mengurangi rasa asin pada ikan asin, andalkan alat dan bahan sederhana

15 Cara mengurangi rasa asin pada ikan asin, andalkan alat dan bahan sederhana
foto: Instagram/@bellaristya

Brilio.net - Ikan asin sering dijadikan sebagai salah satu pilihan lauk di rumah. Pasalnya, ikan yang diawetkan dengan garam ini cukup praktis dimasak. Selain itu, ikan asin juga bisa disimpan dalam waktu lama. Namun terkadang ikan asin yang dijual di pasaran memiliki rasa asin yang tinggi.

Hal itu dapat memengaruhi rasa masakan. Oleh sebab itu, sejumlah orang mencari cara untuk mengurangi rasa asinnya sebelum diolah menjadi hidangan. Salah satunya merendam ikan asin dengan air panas. Metode satu ini dipercaya dapat mengurangi kadar asin pada ikan asin.

Namun selain air panas, kamu juga bisa mengurangi kadar asin pada ikan asin dengan alat dan bahan sederhana, seperti jeruk nipis, cuka, air cucian beras, hingga menggunakan kertas minyak. Lantas seperti apa caranya? Berikut BrilioFood rangkum dari berbagai sumber pada Sabtu (23/3), 15 cara mengurangi rasa asin pada ikan asin.

1. Direndam air panas dan garam selama 15 menit.

15 Cara mengurangi rasa asin pada ikan asin, andalkan alat dan bahan sederhana

foto: Instagram/@bellaristya

Jika kamu ingin rasa asin pada ikan asin benar-benar berkurang drastis atau bahkan hilang, kamu bisa menambahkan satu bahan dapur lagi seperti yang dilakukan pengguna Instagram @bellaristya. Bahan dapur yang dimaksud adalah garam. Pemilik akun mengaku mengandalkan air panas dan garam. Namun, takaran garam ini pun harus disesuaikan.

Lebih jelasnya, masukkan ikan asin yang sudah dicuci ke dalam mangkuk. Lalu tuang air panas sampai ikannya terendam. Jika sudah, tambahkan sekitar 1 sdt garam. Pastikan takaran garamnya tidak terlalu banyak agar konsentrasinya tetap rendah, ya.

"Ternyata kandungan garam yang konsentrasinya lebih rendah daripada ikan asin bikin rasa asin dari ikan asin pindah ke air garam," terang akun Instagram @bellaristya.

Nah, takaran garam yang lebih sedikit menjadi kunci penting keberhasilan metode ini. Setelah diberi garam, aduk-aduk sampai merata. Lalu diamkan atau rendam ikan asin dalam air garam ini selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu, buang air garamnya dan cuci bersih. Dengan begitu, ikan asin siap diolah.

Ikan asin yang sudah direndam ini akan berkurang drastis rasa asinnya. Namun rasa asin tetap terasa. Nah, jika kamu ingin rasa asinnya tidak terasa, ulangi proses perendaman tadi hingga mencapai tingkat asin yang diinginkan.

2. Direndam air, dicuci pakai air mengalir, lalu dijemur.

15 Cara mengurangi rasa asin pada ikan asin, andalkan alat dan bahan sederhana

foto: YouTube/Galeri Linda

Salah satu cara mengurangi rasa asin pada ikan asin sempat dibagikan oleh warganet di akun YouTube Galeri Linda. Cara mengurangi rasa asin pada ikan asin ini bukan hanya ampuh, tapi juga sederhana, lho.

Pertama, siapkan mangkuk atau baskom untuk meletakkan ikan asin. Lalu, rendam ikan asin tersebut dengan air. Aduk-aduk ikan asin hingga seluruh permukaannya terkena air. Lalu, sisihkan airnya.

Selanjutnya, cuci kembali ikan asin menggunakan air mengalir. Warganet yang akrab disapa Linda mengatakan, kalau ikan asin mengandung banyak sekali garam, proses mencuci ikan asin ini bisa dilakukan sebanyak 2 sampai 5 kali.

Setelah dicuci, tiriskan ikan asin di dalam wadah berongga selama kurang lebih 2 menit. Lalu, pindahkan ikan asin ke atas nampan. Susun supaya ikan asin tidak saling bertumpukan satu sama lain. Jemur ikan asin sebentar di bawah sinar matahari supaya kering.

Usai dijemur, ikan asin bisa langsung dimasak ataupun disimpan sebagai stok bahan makanan di dapur. Linda mengatakan, agar ikan asinnya bisa awet berbulan-bulan, ia biasa menyimpannya di dalam kardus. Tutupi ikan asin dengan daun pisang, tutup kardusnya hingga rapat, lalu simpan di kulkas.

3. Dibungkus kertas koran, lalu direndam air 10-15 menit.

15 Cara mengurangi rasa asin pada ikan asin, andalkan alat dan bahan sederhana

foto: YouTube/Sun Ytube

Metode ini pernah dibagikan oleh pengguna YouTube Sun Ytube. Melalui salah satu video yang diunggah, metode miliknya lebih ampuh dibandingkan dengan harus merendam ikan asin dalam air panas atau garam.

Metode yang dilakukan adalah dengan memanfaatkan kertas koran. Nah, kertas koran ini nantinya akan menyerap kadar garam berlebih pada ikan asin. Dengan begitu, rasa asinnya pun berkurang drastis.

Dia menggunakan ikan asin dari jenis ikan gabus. Namun kamu bisa menggunakan ikan asin jenis apapun yang ada di rumah. Setelah itu, langsung bungkus ikan selembar kertas koran. Jika tidak ada, kamu dapat memanfaatkan kertas putih bersih atau kertas lain.

Setelah ikan asinnya dibungkus rapat, langsung celupkan ke dalam wadah berisi air. Cukup gunakan air biasa atau air suhu ruang saja, ya. Pastikan ikan asinnya terendam sempurna dan rendam dulu selama 10-15 menit.

Saat direndam, kandungan garam pada ikan asin akan luntur dan terserap ke dalam koran. Jika sudah direndam, angkat dan tiriskan ikan asinnya. Lalu buka kemasan koran yang menyelimuti ikan asin. Setelah itu, bilas lagi ikan asin di bawah air mengalir agar semakin bersih dan tidak ada sisa koran yang menempel.

Selanjutnya, ikan asin yang sudah dicuci ini bisa langsung digoreng dalam minyak panas. Karena kadar asinnya sudah berkurang, maka ikan asin lebih enak disantap.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya