Kurang ampuh cuma direndam air panas, ini trik mengurangi asin ikan asin pakai tambahan 1 bahan dapur

Kurang ampuh cuma direndam air panas, ini trik mengurangi asin ikan asin pakai tambahan 1 bahan dapur
foto: Instagram/@bellaristya

Brilio.net - Mengonsumsi ikan dipercaya memberikan banyak manfaat kesehatan untuk tubuh. Dilansir oehha.gov, ikan kaya akan protein, vitamin, asam lemak omega-3, dan nutrisi lainnya. Selain itu, banyaknya menu hidangan yang terbuat dari ikan membuat bahan makanan satu ini tinggi peminat.

Nah, selain ikan segar, ikan asin juga bisa jadi pilihan. Ikan yang sudah diawetkan dengan garam ini bisa dimasak dengan lebih praktis. Tak hanya itu, durasi penyimpanannya juga lebih lama meskipun diletakkan dalam suhu ruang.

Metode pengawetan dengan garam ini memang sudah digunakan sejak lama. Menurut Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi yang dilansir dari ojs3.unpatti.ac.id, mengasinkan ikan akan membuat kandungan air di dalamnya berkurang drastis. Dengan begitu, pertumbuhan bakteri (penyebab pembusukan) akan terhambat, sehingga ikan lebih awet dan kualitas pun tidak menurun.

Meskipun begitu, sejumlah ikan asin yang dijual di pasaran terkadang memiliki tingkat keasinan yang berlebihan. Hal tersebut tentu dapat mengurangi kenikmatan masakan. Oleh sebab itu, banyak orang berupaya mengurangi kadar keasinan sebelum memasak ikan asin.

Salah satu metode yang kerap dilakukan untuk mengurangi kadar asin pada ikan asin adalah dengan merendamnya dalam air panas. Usut punya usut, air panas bisa membuat kadar garam pada ikan asin berkurang. Namun jika ingin rasa asinnya benar-benar berkurang drastis atau bahkan hilang, kamu bisa menambahkan satu bahan dapur lagi seperti yang dilakukan pengguna Instagram @bellaristya.

Dilansir BrilioFood pada Jumat (15/3), bahan dapur yang dimaksud adalah garam. Jadi dalam salah satu video yang diunggah, dia mengaku mengandalkan air panas dan garam. Namun, takaran garam ini pun harus disesuaikan.

Kurang ampuh cuma direndam air panas, ini trik mengurangi asin ikan asin pakai tambahan 1 bahan dapur

foto: Instagram/@bellaristya

(brl/wen)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya