Jangan langsung dicuci, ini cara membersihkan panci stainless baru agar aman digunakan

Jangan langsung dicuci, ini cara membersihkan panci stainless baru agar aman digunakan
YouTube/YULIANA KWOK

Brilio.net - Peralatan masak berbahan stainless steel tak mudah berkarat dan cenderung lebih ringan dibandingkan bahan lain, yakni besi maupun baja. Nggak heran jika panci dan wajan di dapur kebanyakan berbahan stainless steel.

Panci stainless sering digunakan karena bisa memanaskan makanan lebih cepat dan merata. Suhu panas dari proses memasak bahkan bisa bertahan lama pada panci stainless steel ini. Selain itu, bahan stainless yang nonreaktif membuatnya lebih mudah digunakan memasak apapun tanpa khawatir merusak permukaannya.

Tapi perlu diketahui bahwa meskipun punya segudang kelebihan, alat masak satu ini ternyata nggak boleh dibersihkan sembarangan, lho. Terlebih ketika kondisinya baru dibeli dari toko. Karena biasanya, panci stainless steel baru memiliki banyak noda halus bekas polesannya dari pabrik.

Noda halus ini tidak bisa hilang begitu saja hanya dengan dicuci biasa. Sedangkan jika dibiarkan, noda halus tersebut dapat mengontaminasi masakan yang dibuat. Oleh karena itu, perlu teknik khusus membersihkan panci stainless agar lebih aman digunakan.

Beruntungnya, seorang pengguna YouTube bernama YULIANA KWOK pernah membeberkan cara sederhana untuk membersihkan panci stainless. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku tidak langsung mencucinya dengan sabun. Jadi, ada teknik tertentu untuk menghilangkan noda halus di permukaan panci stainless.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya